Bisakah Tertular Virus Corona dari Makanan dan Alat Makan di Restoran?

Kompas.com - 13/08/2020, 17:07 WIB
Ilustrasi restoran era new normal Shutterstock/dotshockIlustrasi restoran era new normal

KOMPAS.com - Era new normal membuat kegiatan makan di restoran diperbolehkan, tetapi dengan syarat yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Namun tak dipungkiri masih banyak orang yang memilih untuk tidak makan di restoran pada era new normal.

Ada beberapa hal yang ditakuti saat makan di tempat umum, seperti virus corona yang menular dari makanan atau alat makan bersama.

Baca juga: Jangan Lakukan 9 Hal Ini Ketika Makan di Restoran Era New Normal

Professor and Chief of Infectious Disease di Department of Medicine of University, Buffalo, The State University of New York, Thomas A. Russo, menyebutkan risiko tertular virus corona dari makanan sangat rendah.

Dikutip dari CNN Internasional, Russo mengatakan virus corona adalah virus yang menyerang saluran pernapasan bagian atas atau bawah melalui tetesan atau aerosol yang memasuki mulut, hidung, atau mata.

Virus harus masuk ke saluran pernafasan untuk menyebabkan infeksi dan tidak bisa masuk dari lambung atau saluran usus.

Virus corona juga sangat tidak stabil di lingkungan seperti benda mati.

Ilustrasi dapur bersama atau cloud kitchen. SHUTTERSTOCK/PAVEL L PHOTO AND VIDEO Ilustrasi dapur bersama atau cloud kitchen.

Russo menyebutkan, dari penelitian diketahui bahwa virus corona kehilangan setengah konsentrasi virusnya kurang dari satu jam pada tembaga.

Virus corona juga kehilangan setengah konsentrasi virus setelah tiga setengah jam pada karton dan hanya di bawah tujuh jam pada plastik.

Baca juga: Panduan Bayar Makanan di Restoran Era New Normal, Tak Cuma Bayar Non Tunai

Jika makanan terkontaminasi virus corona selama persiapan, suhu memasak kemungkinan besar akan menonaktifkan banyak virus, meski ada kemungkinan tidak semua.

Halaman:

Sumber CNN
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X