Kenapa Orang Jepang Suka Sarapan Telur Mentah? Ketahui 4 Fakta Ini...

Kompas.com - 11/08/2020, 15:31 WIB
Ilustrasi tamago kake gohan khas Jepang, menu sarapan telur mentah. SHUTTERSTOCK/GONTABUNTAIlustrasi tamago kake gohan khas Jepang, menu sarapan telur mentah.

KOMPAS.com – Orang Jepang punya menu sarapan khas yaitu nasi putih panas dan telur mentah atau disebut tamago kake gohan (TKG).

Hidangan ini sangat populer di tengah masyarakat Jepang. Sebagai penambah rasa, biasanya tamago kake gohan dicampur dengan kecap asin.

Baca juga: Kenapa Orang Jepang Kalau Makan Mi Diseruput?

Hidangan ini bisa dibuat di rumah oleh siapa saja. Bahkan hidangan ini mampu membuat orang asing merasa penasaran.

Lalu mengapa orang Jepang suka makan telur mentah? Berikut ini alasan orang Jepang suka makan telur mentah dilansir dari Tsunagu Japan.

1. Ada peraturan khusus untuk peternakan ayam petelur di Jepang

Di beberapa negara, kekhawatiran tentang makan telur mentah adalah hal yang wajar.

Risiko keracunan bakteri samonella dari telur mentah bisa menimbulkan penyakit diare yang bisa berlangsung selama 4-7 hari. Kasus yang lebih parah bahkan bisa berakibat fatal.

Nah, Jepang, telah menemukan metode untuk memastikan cara mengonsumsi telur mentah dengan aman.

Negara Jepang menerapkan prosedur dan peraturan yang ketat untuk produksi telur, untuk meminimalkan keracunan salmonella dari telur.

Peraturan sanitasi untuk peternakan ayam Jepang lebih ketat daripada di negara lain, peternak ayam Jepang memakai lebih banyak alat pelindung saat memasuki kandang.

Tindakan pencegahan ekstra juga dilakukan untuk mencegah ayam bersentuhan dengan sumber penularan seperti burung liar, serangga, dan hewan lainnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X