Cara Simpan Donat di Freezer Tahan 2 Bulan, Tips untuk Jualan Online

Kompas.com - 10/08/2020, 21:07 WIB
Ilustrasi donat kentang SebeningPelangi /shutterstockIlustrasi donat kentang

KOMPAS.com – Tren bisnis kuliner saat ini terus berkembang. Dahulu makanan dijual dalam keadaan segar, sekarang saat pandemi banyak makanan dijual dalam keadaan beku (frozen).

Bukan sekadar makanan seperti nugget dan sosis, beberapa macam roti juga sudah banyak yang dijual dalam keadaan beku termasuk donat. 

Donat yang dibekukan bertujuan agar awet sekitar dua bulan.

Baca juga: Resep Donat Panggang, Camilan Sore Pendamping Kopi

Cara membekukan donat sangat menguntungkan jika kamu berencana untuk berjualan. Risiko produk donut rusak dan terbuang dapat diminimalisir dengan cara ini.

Berikut cara membekukan donat yang sederhana dilansir dari Taste of Home.

1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

Donat dapat dibekukan di dalam sebuah wadah kedap udara. Wadah yang diperlukan untuk membungkus donat frozen adalah plastik zip lock, kertas minyak, dan sedotan.

2. Sebelum mengemas donat frozen

Ilustrasi donat ubi jalar panggang. SHUTTERSTOCK/NOR SHAM SOYOD Ilustrasi donat ubi jalar panggang.

Sebelum membekukan donat adalah sebaiknya jangan mengemas donat dalam keadaan panas. Biarkan donat dingin terlebih dahulu agar tidak ada uap yang terjebak di plastik.

Baca juga: Bedanya Donat Ragi dan Donat Cake, Penggemar Donat Harus Tahu

3. Tahapan mengemas donat frozen

Siapkan plastik zip lock, kemudian masukkan kertas minyak atau kertas roti berukuran kecil ke dalam plastik, sebagai alas donat.

Isi plastik dengan donat dan tutupi donat dengan kertas minyak lainnya. Dorong keluar udara yang ada di dalam kantong plastik atau sampai plastik menempel dengan donat, tidak ada ruang kosong.

Kemudian tutup bagian atas atau zip lock perlahan sambil tetap mengeluarkan udara dari plastik.

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Goreng Donat, Bikin Teksturnya Keras

Sisakan sedikit lubang diujung zip lock, lalu masukan sedotan dan keluarkan udara yang masih tersisa melalui sedotan.

Buat sampai plastik mengerut kempis dan tak ada udara. Angkat sedotan dan kunci zip lock. Terakhir masukkan donat yang sudah dikemas ke dalam freezer.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X