4 Cara Hilangkan Bau Tanah Ikan Air Tawar, Baca Sebelum Masak

Kompas.com - 08/08/2020, 10:10 WIB
ilustrasi ikan PIXABAY/ENGINAKYURTilustrasi ikan

Ilustrasi ikan segar. SHUTTERSTOCK/SERGIY ZAVGORODNY Ilustrasi ikan segar.

KOMPAS.com – Selain ikan air laut, ikan air tawar juga kerap dijadikan beragam masakan di Indonesia. Namun, tak jarang ikan air tawar berbau tanah atau lumpur.

Baca juga: Cara Membuat Fillet Ikan Segar, Perlu 2 Langkah Saja

Diperlukan cara tepat menghilangkan bau tanah pada ikan air tawar. Mulai dari saat membeli hingga proses memasaknya.

Sebelum mengolah ikan air tawar, baca dulu tips berikut.

1. Beli ikan air tawar yang masih hidup

Sebaiknya beli ikan air tawar dalam keadaan masih hidup. Sebelum diolah, biarkan ikan hidup beberapa hari tanpa diberi makanan.

Biarkan ikan hidup dalam wadah berisi air di rumah. Cara ini dapat meminimalkan daging ikan berbau tanah.

Cara seperti ini bisa kita lihat juga di restoran masakan ikan. Jika diperhatikan, tidak jarang ditemui akuarium berisi ikan di restoran tersebut. Ternyata, itu adalah salah satu cara agar ikan yang disajikan di sana tidak berbau lumpur.

2. Bersihkan insang dan isi perut ikan

Ilustrasi membersihkan insang ikan.SHUTTERSTOCK/BRAVISSIMOS Ilustrasi membersihkan insang ikan.

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam proses memasak ikan adalah membuang insang dan isi perut ikan. Hal ini harus dilakukan baik pada ikan segar maupun ikan mati yang kamu beli.

Setelah ikan dibersihkan, cuci ikan dengan air mengalir. Lebih nikmat jika ikan langsung dimasak. Namun dapat juga disimpan pada suhu beku di freezer agar tahan lama.

3. Jangan merusak empedu ikan

Empedu adalah salah satu organ penyebab daging ikan beraroma lumpur. Empedu ikan terletak di sekitar insang dan isi perut. Organ ini juga harus dibuang saat pembersihan perut ikan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X