5 Makanan Khas Sumatera Barat Selain Rendang, Lengkap dengan Resepnya

Kompas.com - 07/08/2020, 17:08 WIB
Ilustrasi ketupat sayur khas Sumatera Barat Shutterstock/Rangga SamiajiIlustrasi ketupat sayur khas Sumatera Barat

 

KOMPAS.com – Kuliner Sumatera Barat populer di Indonesia. Rumah makan padang dapat ditemui di berbagai provinsi di Indonesia. 

Selain rendang yang dinobatkan oleh CNN sebagai makanan terenak di dunia, ada makanan khas Minang alias Sumatera Barat lain yang sayang untuk dilewatkan. 

Berik Kompas.com rangkum aneka makanan khas Sumatera Barat:

Baca juga: 4 Fakta Unik Rendang, Pencinta Masakan Padang Harus Tahu

1. Ketupat sayur padang

Ketupat sayur padang adalah makanan khas Sumatera Barat yang sering dijadikan sarapan. Hidangan ini sering dipilih sebagai sarapan sebab ketupat termasuk praktis untuk dihidangkan.

Ciri khas ketupat sayur padang bisa diketahui dari pelengkap kerupuk merah yang dipakai. Hal ini membedakan ketupat sayur padang dengan ketupat sayur dari daerah lain. 

Ketupat sayur padang terdiri bahan-bahan ketupat, sayur kacang atau nangka, telur, dan ayam.

Baca juga: Panduan Memilih Kombinasi Lauk dan Sayur di Restoran Padang dari Ahli

 

Komponen bahan makanan tersebut bisa dibilang cukup lengkap untuk memenuhi asupan gizi di pagi hari, karena ada sumber karbohidrat, protein, dan sayur.

Jika kamu ingin sarapan ketupat sayur padang, kamu bisa coba buat sendiri dirumah.

Baca selengkapnya: Resep Ketupat Sayur Padang, Pakai Daging Sandung Lamur

2. Gulai gajebo

Gulai gajebo berbahan utama punuk sapi, dengan lemak tebal yang menempel pada daging.KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Gulai gajebo berbahan utama punuk sapi, dengan lemak tebal yang menempel pada daging.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X