Kompas.com - 05/08/2020, 18:08 WIB
ilustrasi tomat PIXABAY/DIAPICARDilustrasi tomat

KOMPAS.com - Tomat adalah salah satu jenis buah dan sayuran yang akan terus matang setelah dipetik. Namun, setelah dipetik proses pematangan buah tomat akan sedikit melambat.

Baca juga: 3 Cara Rawat Tanaman Tomat, Rutin Pangkas Tangkai

Jika kamu membutuhkan tomat yang matang, kamu bisa mempercepat proses pematangan buah tomat di rumah. Prosesnya juga tidak memerlukan banyak alat.

Berikut ini cara mematangkan buah tomat dengan cepat melansir dari The Spruce Eats.

1. Membungkus tomat 

Buah Tomat dapat dimatangkan dengan cara membungkus tomat dengan plastik, kantong kertas, atau kardus.

Membungkus tomat dapat membantu mempercepat pematangan sebab buah termasuk tomat akan terus mengeluarkan gas bernama etilen.

Gas etilen ini selain dikeluarkan oleh buah, juga dapat mematangkan buah ketika gas berada di sekitar buah.

Tujuan dari pembungkusan buah adalah untuk memerangkap gas etilen tetap berada di sekitar buah, sehingga buah akan cepat matang.

Dalam membungkus buah harus diperhatikan agar bungkus diberi rongga udara, seperti lubang pada plastik. Hal ini bertujuan agar alih-alih buah menjadi matang, justru akan membusuk.

Jika pembungkus tidak diberi sedikit rongga udara, maka di dalam bungkus akan penuh dengan embun yang membuat basah buah dan menimbulkan jamur.

Ilustrasi tangkai tomat dipangkas. SHUTTERSTOCK/JURGA JOT Ilustrasi tangkai tomat dipangkas.

2. Membungkus tomat bersamaan dengan buah pisang

Jika kamu ingin mempercepat proses pematangan buah tomat, kamu bisa bungkus buah tomat bersama-sama dengan buah pisang. Buah pisang adalah salah satu buah yang mengeluarkan gas etilen dalam jumlah banyak.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X