5 Ide Resep Jeroan, Kikil, dan Kulit Sapi

Kompas.com - 03/08/2020, 17:20 WIB
Jeroan sapi Shutterstock/Lumi StudioJeroan sapi

KOMPAS.com – Jeroan, kulit dan kaki sapi memang jarang diolah oleh sebagian orang sebab butuh keterampilan dalam mengolahnya untuk dijadikan masakan.

Bau khas jeroan umunya menjadi penyebab bahan makanan seperti jeroan, kulit dan kaki jarang diolah. Tetapi jika pandai mengolahnya, jeroan, kulit dan kaki akan menjadi masakan yang nikmat.

Berikut ini Kompas.com rangkum resep hidangan jeroan, kulit dan kaki. Agar masakan yang dihasilkan nikmat, kamu wajib ikuti setiap proses memasak di resep.

Baca juga: Cara Hilangkan Bau Jeroan Kambing dan Sapi

1. Jeroan Gula Asam

Sajian jeroan gula asam bisa dibuat dari jeroan sapi. Olahan jeroan ini memiliki rasa asam dan manis sesuai namanya.

Karena mengandung gula, tekstur jeroan yang dimasak menjadi lebih garing akibat karamelisasi gulanya. Mari coba buat di rumah resepnya.

Baca selengkapnya: Resep Jeroan Gula Asam, Olahan Jeroan Sapi Kurban

Ilustrasi tengkleng solo. Dok. Shutterstock/Jim photography Ilustrasi tengkleng solo.

2. Tengkleng Pedas

Tengkleng adalah hidangan mirip gulai dengan kuah yang lebih encer. Makanan ini adalah hidangan khas orang solo untuk mengolah jeroan dan kaki kambing.

Kuah tengkleng yang mengandung banyak bumbu serta rasa pedas nikmatnya, membuat penikmatnya lupa jika masakan tengkleng sebenarnya berisi jeroan dan kaki.

Sekarang, tak usah bingung lagi untuk mengolah jeroan dan kaki kambing. Buat jadi hidangan tengkleng pedas.

Baca selengkapnya: Resep Tengkleng Kambing Pedas untuk Masak Kaki dan Jeroan Kambing

Ilustrasi sambal goreng krecekShutterstock/Ariyani Tedjo Ilustrasi sambal goreng krecek

3. Sambal Goreng Krecek

Di Yogyakarta, kulit sapi bisa dibuat menjadi kerupuk kulit yang disebut krecek. Agar nilai rasa kerupuk krecek meningkat, warga setempat mengolahnya menjadi sambal pelengkap nasi yang disebut sambal krecek.

Sampai sekarang, sambal krecek menjadi kuliner khas Yogyakarta selain gudeg. Sambal krecek sangat mudah dimasak sendiri di rumah. Kamu bisa ikuti resepnya dan manfaatkan persediaan kerupuk kulit yang kamu punya.

Baca selengkapnya: Resep Sambal Goreng Krecek Yogyakarta, Olahan Kerupuk Kulit Sapi

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X