Ubah Sisa Makanan Idul Adha Jadi 7 Hidangan Ini, Brongkos sampai Lumpia

Kompas.com - 01/08/2020, 22:10 WIB
Ilustrasi nasi goreng kambing Shutterstock/adie.foodtographyIlustrasi nasi goreng kambing

KOMPAS.com - Tak jarang makanan saat perayaan Idul Adha masih cukup banyak selama beberapa hari. Supaya tidak bosan, coba daur ulang jadi makanan lain.

Baca juga: 17 Makanan Idul Adha dari Berbagai Daerah di Indonesia

Totok Siswantoko, Executive Chef dari Hotel Santika Premiere Yogyakarta memberikan tips mengolah kembali makanan Idul Adha menjadi sajian bercita rasa baru dan dipadu-padankan dengan bahan lain.

"Jadi sate yg sudah dibakar atau belum bisa dijadikan nasi goreng," jelas chef Totok kepada Kompas.com, Jumat (31/7/2020).

Berikut 7 makanan kreasi dari rendang, opor ayam, sate hingga ketupat yang bisa dicoba di rumah:

1. Nasi goreng kambing

Jika kamu masih memiliki banyak stok sate kambing, bisa kamu ubah menjadi sajian lain seperti nasi goreng.

Baca juga: Resep Nasi Goreng Kambing, Olahan Daging Kambing Tanpa Santan

"Bumbu sate yang tetap melekat disatenya tapi bisa ditambah dengan bumbu nasi goreng yang dibuat sendiri, papar Totok.

Bumbu nasi goreng dengan nasi dan daging sate bisa digoreng bersama dan dicampur menjadi satu. Rasa sate akan berbaur dengan bumbu nasi goreng dan akan menjadi hidangan nasi goreng kambing.

2. Brongkos

Brongkos, kuliner pedas bersantan dari bahan utama daging sapi dan kacang ketolo di Warung Pak Wakidi di Magelang ini seporsi cuma Rp 12 ribu. Sudah termasuk nasi. Tribun Jogja/Hamim Thohari Brongkos, kuliner pedas bersantan dari bahan utama daging sapi dan kacang ketolo di Warung Pak Wakidi di Magelang ini seporsi cuma Rp 12 ribu. Sudah termasuk nasi.

Brongkos adalah jenis makanan berkuah yang sering dijumpai di kawasan Yogyakarta. Brongkos merupakan sajian seperti rawon tapi lebih lengkap isinya.

Sajian ini bisa dibuat dari sisa makan yang mengandung tetelan, sate dan masih banyak lagi.

"Brongkos, bumbunya terdiri dari bumbu putih yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri , kluwak, ketumbar, jintan, salam, laos, gula jawa, dan  daun jeruk. Isinya daging tetelan, labu siam, kulit mlinjo, tahu pong, buncis, kacang tolo," papar Totok.

Kamu bisa membuat brongkos dengan cara :

1. Bumbu putih di tumis dengan minyak sampai matang, kemudian ditriskan. Kemudian di blender dengan air secukupnya.
2. Ambil panci di atas kompor tuang air secukupnya, tambah bumbu putih, kluwak, jintan, ketumbar, laos, sereh, daun salam. Rebus sampai mendidih.
3. Masukkan daging sanpai setengah matang.
4. Masukkan semua bahan yang lain, masak sampai matang.
5. Bumbui garam, merica, perasa daging dan gula jawa.

3. Nasi goreng tengkleng

"Untuk membuat nasi goreng tengkleng kamu nisa mengambil daging tengkleng yang biasanya nempel di tulang. Sisihkan atau bisa dipotong potong berbentuk dadu." papar chef Totok.

Mengolah nasi goreng tengkleng cukup mudah kamu tingga tambahkan nasi dan mencampurkannya dengan bumbu tengkleng.

Jika masih kurang kamu bisa tambahkan dengan bumbu kare atau bumbu kuning. Tambahkan juga kol, loncang, dan selederi sebagai pelengkap rasa.

4. Bihun kuah opor ayam

Sajian opor ayam yang masih banyak di rumah bisa didaur ulang menjadi bihun kuah opor ayam.

Baca juga: Resep Opor Ayam, Sajian Spesial buat Makan Bareng Keluarga

Cara membuatnya, suwir ayam, kemudian masak santan dan campurkan dengan kaldu ayam. Setelah itu tambahkan bersama bumbu lalu direbus hingga matang. Bihun bisa diganti dengan kwetiau dan soun.

Bumbu yang ditambahkan adalah bawang merah, bawang putih, cabai kering, ebi yang sudah direndam air, tambah cabai atau terasi kalau mau, nanti jadinya akan seperti laksa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X