Mengenal Ampiang Dadiah, Makanan Minang yang Dicari Gordon Ramsay

Kompas.com - 29/07/2020, 14:03 WIB
Ilustrasi ampiang dadiah ShutterstockIlustrasi ampiang dadiah

KOMPAS.com  - Orang Minang juga punya yoghurt versi sendiri, yang dibuat dengan metode fermentasi alami yakni amping dadiah.

Ampiang dadiah sudah ada sejak zaman dulu. Ampiang dadiah berasal dari Bahasa Minang, "ampiang" berarti berdekatan dan "dadiah" berarti susu yang dikentalkan atau susu fermentasi.

Pesona dadiah "yoghurt" khas Minang terdengar sampai telinga chef kenamaan Gordon Ramsay.

Pada kesempatannya mengunjungi Sumatera Barat dalam salah satu episode acara Gordon Ramsay: Uncharted yang tayang di National Geographic Channel pada Senin (29/6/2020), Ramsay memeras susu kerbau untuk bahan dadiah.

Baca juga: Perjalanan Gordon Ramsay Bikin Rendang, Blusukan ke Pasar sampai Masak Bareng William Wongso

Dikutip dari Pesona Indonesia, dadiah adalah susu kerbau yang difermentasi dalam batang bambu.

Proses fermentasi ini membuat susu kerbau jadi punya cita rasa asam yang khas seperti yoghurt.

Saat proses fermentasi, susu kerbau tersebut hanya dimasukkan ke dalam wadah bambu lalu ditutup dengan daun pisang atau daun waru. Tidak ada bibit untuk membantu proses fermentasi. 

Proses fermentasi dadiah memakan waktu 2-3 hari. Dadiah siap disantap jika sudah menggumpal. Umumnya dadiah dinikmati dengan ampiang.

Baca juga: Apakah Benar Harga Nasi Padang yang Dihidangkan Lebih Mahal daripada Ala Carte?

Ampiang adalah beras ketan yang ditumbuk pipih. Uniknya proses pemipihan ampiang ini dilakukan saat beras ketan masih panas setelah direbus kering.

Ampiang di Sumatera Barat merupakan hidangan rumahan yang terdapat di Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar. Tepatnya di Jorong Ladang Laweh sekitarnya.

Ilustrasi dadiahShutterstock Ilustrasi dadiah

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X