Apa Bedanya Panci Presto dan Slow Cooker? Alat Masak yang Bikin Daging Empuk

Kompas.com - 29/07/2020, 09:03 WIB
Ilustrasi alat slow cooker. Dok. Shutterstock/sherwoodIlustrasi alat slow cooker.

 

KOMPAS.com - Panci presto atau preassure cooker dan slow cooker adalah dua alat yang praktis untuk digunakan untuk memasak.

Kedua alat ini dapat diandalkan untuk memasak bahan makanan yang keras seperti daging.

Masakan yang dihasilkan dari kedua alat ini akan sama-sama empuk dan lembut. Namun meskipun hasil masakan dari panci presto dan slow cooker sama, tetapi cara kerjanya berbeda.

Berikut perbedaan panci presto dan slow cooker dilansir dari The Kitchn.

Baca juga: 4 Cara Membuat Tetelan Empuk untuk Persiapan Hidangan Idul Adha

1. Slow cooker

Slow cooker menggunakan teknik masak slow cook alias suhu panas rendah untuk memasak makanan dalam jangka waktu yang lama.

Slow cooker menggunakan panas lembab untuk memasak makanan dalam waktu yang lama, biasanya sekitar 4 - 10 jam, dalam suhu rendah.

Cara memasak dengan slow cooker yaitu makanan ditempatkan di dalam kompor (yang berada di dalam unit pemanas), ditutup dengan penutup, dan diatur ke pengaturan panas rendah.

Jenis makanan yang dapat dimasak dengan slow cooker contohnya seperti sup, semur, sayuran, daging, roti, ikan sampai hidangan penutup.

Baca juga: Cara Rebus Daging 5-30-7, Biar Hemat Gas dan Hasil Empuk

Seiring perkembangan teknologi, kini ada alat slow cooker. Bentuk alat ini sekilas mirip rice cooker. Adanya alat slow cooker membuat pengguna jadi hemat gas, karena alat slow cooker menggunakan listrik. 

Alat slow cooker yang canggih juga terbilang sangat praktis. Ada pengaturan suhu temperatur dan lama memasak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X