Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Dalgona Coffee Tanpa Mixer, Jadi dalam 5 Menit

Kompas.com - 23/07/2020, 09:09 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Dalgona coffee sebelumnya sempat viral yang berawal dari Korea Selatan, beralih ke media sosial sampai mendunia.

Warga Indonesia pun tak ketinggalan penasaran bagaimana cara membuat dalgona coffee. Berbagai teknik dicoba demi menghasilkan kopi dalgona yang mengembang sempurna.

Seperti Devina Hermawan yang menunjukkan cara membuat dalgona coffee tanpa mixer, tepatnya pakai saringan stainless steel.

Berikut hasil praktik resep dalgona coffee ala Devina Hermawan dengan sedikit penyesuaian.

Baca juga: Pengalaman Bikin Dalgona Coffee Tanpa Mixer, Pakai Saringan Sederhana

Membuat dalgona coffee tanpa mixer, melainkan dengan saringan sederhana, Selasa (7/4/2020).KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Membuat dalgona coffee tanpa mixer, melainkan dengan saringan sederhana, Selasa (7/4/2020).

Resep dalgona coffee

Bahan

  • 2 sdm kopi instan murni tanpa ampas
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm air panas
  • 100 ml susu full cream

Alat

  • Sendok takar atau sendok makan
  • Piring plastik
  • Saringan stainless steel ukuran kecil
  • Gelas transparan

Cara membuat dalgona coffee tanpa mixer

1. Siapkan piring plastik. Masukkan kopi instan, gula pasir, dan air panas. Aduk memutar pakai saringan.

Pastikan saringan mengenai dasar piring plastik agar proses mengaduk lebih mudah dan foam kopi terbentuk dengan sempurna.

Membuat dalgona coffee tanpa mixer, melainkan pakai saringan sederhana, Selasa (7/4/2020).KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Membuat dalgona coffee tanpa mixer, melainkan pakai saringan sederhana, Selasa (7/4/2020).

2. Aduk terus sampai foam mulai padat. Proses mengaduk bisa memakan waktu 3-6 menit tergantung kecepatan tangan. Semakin lama mengaduk, tekstur foam akan lebih padat.

3. Pada gelas, tuang susu full cream. Tidak usah sampai penuh, cukup 3/4 gelas. Masukkan foam kopi ke atas susu. Lakukan perlahan, jangan sampai foam tenggelam.

Kalau foam sampai tenggelam, berarti teksturnya kurang padat.

4. Sajikan dalgona coffee dengan pancake manis.

Tips bikin dalgona coffee

1. Rasa dalgona coffee dari resep di atas cukup pahit, bahkan setelah dicampur dengan susu. Kamu bisa mengurangi takaran kopi instan atau gunakan jenis arabika.

2. Jangan pakai kopi instan yang sudah bercampur gula atau krimer. Dibutuhkan kopi instan murni supaya terbentuk foam kopi dengan sempurna.

Menurut owner dari Amstirdam Coffee Malang sekaligus WBC & WLAC Certified Technical Judge 2019-2021Sivaraja, kopi instan yang lebih menyerap air jadi nantinya bisa terbentuk foam mengembang sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com