Kompas.com - 23/07/2020, 09:09 WIB
Ilustrasi dalgona coffee, kopi foamy yang videonya viral di media sosial. SHUTTERSTOCK/STEFAN CSONTOSIlustrasi dalgona coffee, kopi foamy yang videonya viral di media sosial.

KOMPAS.com - Dalgona coffee sebelumnya sempat viral yang berawal dari Korea Selatan, beralih ke media sosial sampai mendunia.

Warga Indonesia pun tak ketinggalan penasaran bagaimana cara membuat dalgona coffee. Berbagai teknik dicoba demi menghasilkan kopi dalgona yang mengembang sempurna.

Seperti Devina Hermawan yang menunjukkan cara membuat dalgona coffee tanpa mixer, tepatnya pakai saringan stainless steel.

Berikut hasil praktik resep dalgona coffee ala Devina Hermawan dengan sedikit penyesuaian.

Baca juga: Pengalaman Bikin Dalgona Coffee Tanpa Mixer, Pakai Saringan Sederhana

Membuat dalgona coffee tanpa mixer, melainkan dengan saringan sederhana, Selasa (7/4/2020).KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Membuat dalgona coffee tanpa mixer, melainkan dengan saringan sederhana, Selasa (7/4/2020).

Resep dalgona coffee

Bahan

  • 2 sdm kopi instan murni tanpa ampas
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm air panas
  • 100 ml susu full cream

Alat

  • Sendok takar atau sendok makan
  • Piring plastik
  • Saringan stainless steel ukuran kecil
  • Gelas transparan

Cara membuat dalgona coffee tanpa mixer

1. Siapkan piring plastik. Masukkan kopi instan, gula pasir, dan air panas. Aduk memutar pakai saringan.

Pastikan saringan mengenai dasar piring plastik agar proses mengaduk lebih mudah dan foam kopi terbentuk dengan sempurna.

Membuat dalgona coffee tanpa mixer, melainkan pakai saringan sederhana, Selasa (7/4/2020).KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Membuat dalgona coffee tanpa mixer, melainkan pakai saringan sederhana, Selasa (7/4/2020).

2. Aduk terus sampai foam mulai padat. Proses mengaduk bisa memakan waktu 3-6 menit tergantung kecepatan tangan. Semakin lama mengaduk, tekstur foam akan lebih padat.

3. Pada gelas, tuang susu full cream. Tidak usah sampai penuh, cukup 3/4 gelas. Masukkan foam kopi ke atas susu. Lakukan perlahan, jangan sampai foam tenggelam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X