Kompas.com - 22/07/2020, 10:10 WIB


KOMPAS.com – Mungkin kamu sering mengalami makanan yang kamu masak tadi pagi berubah basi dengan cepat di sore hari. Apa penyebab makanan bisa cepat basi seperti itu?

Baca juga: Cara Tepat Simpan Sambal Matah, Biar Awet sampai Seminggu

Chef Stefu Santoso, Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group mengatakan hal ini berkaitan dengan masalah food safety atau keamanan makanan yang biasa diterapkan di industri kuliner seperti di hotel dan restoran.

“Kita biasanya kurang paham (food safety) ini di masyarakat umum,” kata Chef Stefu ketika menjadi narasumber dalam acara Beranda Pak RT: Memasak Hemat Gas yang tayang pada Senin (20/7/2020) di TVRI.

ilustrasi makanan bekushutterstock ilustrasi makanan beku

Masyarakat awam biasanya tak paham, seperti apa cara yang tepat menyimpan makanan yang sudah dimasak agar bisa awet lebih lama.

Seringkali, makanan yang sudah masak disimpan begitu saja di atas meja lalu ditutupi dengan tudung saji. Hal itu ternyata tak cukup.

Makanan yang berada dalam suhu ruang, hanya bisa bertahan maksimal 4 jam saja sebelum bakteri masuk dan akhirnya membuat makanan terkontaminasi dan cepat basi.

“Jadi yang membuat basi itu bakteri yang tidak bisa kita lihat. Indonesia punya tingkat kelembaban tinggi, jadi dia akan lebih cepat basi,” ujar Chef Stefu.

Ada langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat makanan jadi lebih awet dan bisa dikonsumsi sampai beberapa hari ke depan.

ilustrasi makananShutterstock ilustrasi makanan

Kuncinya adalah menyimpan makanan dalam wadah tertutup kedap udara atau plastik. Lalu simpan di dalam lemari pendingin dengan suhu di bawah 5 derajat celsius.

Jika disimpan di chiller, rata-rata makanan bisa bertahan hingga beberapa hari sampai satu minggu. Sementara makanan yang dibekukan di freezer bisa bertahan bahkan hingga beberapa bulan lamanya.

Ketika makanan akan disajikan, jangan lupa untuk memanaskannya lebih dahulu hingga mendidih, dengan suhu lebih dari 60 derajat celsius.

Cara lainnya untuk mencegah makanan basi adalah untuk memasak dengan porsi secukupnya. Sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang akan makan, jangan masak terlalu banyak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.