Kompas.com - 21/07/2020, 21:07 WIB
Ilustrasi kalguksu, mi potong khas Korea Shutterstock/TMONIlustrasi kalguksu, mi potong khas Korea


KOMPAS.com – Korea Selatan punya banyak jenis street food yang populer. Salah satunya adalah kalguksu yang sempat muncul di serial Street Food Asia, tayang di Netflix pada 2019.

Kalguksu adalah mi yang dipotong dengan pisau. Mi sederhana ini kemudian disajikan dengan kaldu dan aneka topping seperti pangsit, kimchi, aneka daging, atau sayuran.

Cho Yoon-sun, seorang penjual kalguksu di Pasar Gwangjang, Korea Selatan yang tampil di serial Street Food Asia.

Baca juga: Cara Bikin Patbingsu, Es Serut Korea yang Gampang Dibuat di Rumah

Ia sendiri telah berjualan kalguksu selama kurang lebih 11 tahun di Pasar Gwangjang yang bisa dibilang salah satu tempat terbaik untuk mencari aneka street food Korea Selatan.

“Kedai Cho Yoon-sun istimewa karena saat datang ke sana, kita akan merasa seperti keluarga," kata Daniel Gray, jurnalis makanan dan pengusaha restoran asal Korea Selatan.

Mi potongnya di kedai Cho Yoon0sun disebutkan oleh Gray salah satu yang terbaik di pasar. Kaldunya kaya rasa dan dia menyajikannya dengan kimchi luar biasa.

Cho Yoon-sun telah berjualan kalguksu dari resep ibunya, dan menyempurnakan resepnya selama lebih dari satu dekadeDok. Netflix Cho Yoon-sun telah berjualan kalguksu dari resep ibunya, dan menyempurnakan resepnya selama lebih dari satu dekade

Resep dari sang ibu

Cho Yoon-sun pertama kali belajar cara membuat kalguksu dari sang ibu. Keluarga Yoon-sun sangat miskin ketika ia tumbuh besar.

Ia sendiri lahir setelah Perang Korea selesai. Masa itu jadi salah satu masa paling sulit untuk masyarakat Korea.

Baca juga: Resep Korean Garlic Bread Tanpa Oven, Pakai Panci, dan Tidak Perlu Diulen

“Pemerintah Amerika Serikat memberikan tepung sebagai bantuan untuk Korea Selatan. Ibuku menerima ransum tepung dan memakainya untuk membuat mi potong,” ujar Yoon-sun.

“Aku sering memerhatikan saat ibu bekerja. Aku sangat menikmatinya. Saat itulah aku menyadari kecintaanku pada tepung,” lanjutnya.

Halaman:


Sumber Netflix
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X