Budaya Makan Kerajaan Korea Selatan, 12 Sajian untuk Sekali Makan

Kompas.com - 21/07/2020, 17:08 WIB
Ilustasi makanan tradisional korea untuk keluarga kerajaan. Dok. Visit KoreaIlustasi makanan tradisional korea untuk keluarga kerajaan.

 

KOMPAS.com - Korea Selatan terkenal memiliki budaya kuliner yang unik. Dilansir dari situs Visit Korea, budaya kuliner ini berawal pada masa Dinasti Joeson.

Dinasti Joeson adalah kerajaan yang mempunyai budaya yang paling akbar sepanjang sejarah kebudayaan di Korea, termasuk dalam hal budaya makan.

Makanan yang dihidangkan untuk raja di masa dinasti itu, dipersiapkan dengan baik oleh koki handal.

Bahan-bahan berkualitas baik dikumpulkan dari seluruh negeri untuk diberikan ke raja.

Baca juga: Resep Cream Cheese Garlic Bread, Street Food Korea yang Naik Daun

Resep Hidangan kerajaan itu diwariskan oleh koki kerajaan dari mulut ke mulut serta dalam catatan tertulis pesta kerajaan.

Daftar menu sehari-hari di istana

Catatan menu sehari-hari istana Dinasti Joeson dapat ditemukan di “Wonhaeng Eulmyo Jeongni Uigwe” (Royal Protocols on a King’s Procession) yang ditulis pada 1795.

Protokol kerajaan tersebut berisi informasi detail tentang makanan yang disajikan selama delapan hari perjalanan raja dari Istana Changdeokgung ke Benteng Suwon Hwaseong.

Saat itu raja dijamu dalam sebuah pesta sebelum kembali ke istana.

Baca juga: Cara Bikin Patbingsu, Es Serut Korea yang Gampang Dibuat di Rumah

Biasanya makanan disajikan lima kali sehari, terdiri atas makan pagi hari disajikan bubur nasi.

Kemudian sarapan besar sekitar pukul sepuluh, makanan sederhana pada siang hari, makan malam besar pulul lima, dan makan malam sederhana malam hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X