7 Cara Olah Kentang Goreng Beku ala Restoran, Ide Camilan Praktis

Kompas.com - 21/07/2020, 10:20 WIB
Ilustrasi sarapan kentang goreng dengan topping mozarella. SHUTTERSTOCK/EZUME IMAGESIlustrasi sarapan kentang goreng dengan topping mozarella.

KOMPAS.com - Bagi pencinta french fries, menstok kentang beku yang sudah diiris jadi alternatif hemat dan praktis.

Saat sedang ingin ngemil, tinggal keluarkan kentang beku dari freezer dan goreng. Tidak perlu juga mengeluarkan uang lebih untuk beli di restoran cepat saji.

Baca juga: Resep Kroket Kentang, Camilan Praktis buat Snack Time Anak

Rasa kentang goreng beku juga bisa seperti yang kamu beli di restoran. Ada tips mengolah kentang beku agar terasa lebih enak dari chef dan culinary director Potatoes USA, RJ Harvey, melansir Insider.

1. Jangan cair kentang sebelum siap dimasak

Ilustrasi kentang goreng beku (frozen french fries). SHUTTERSTOCK/CQ PHOTO JUY Ilustrasi kentang goreng beku (frozen french fries).

Untuk mendapatkan rasa dan tekstur terbaik, jangan biarkan kentang beku mencair sebelum dimasak.

Selain itu, pastikan oven sudah cukup panas, sebelum memasukkan kentang ke dalam oven.

Oven yang sudah panas akan membuat kentang goreng renyah bagian luar dan lembut bagian dalam.

2. Tambahkan saus pedas atau acar

Cobalah untuk menambahkan bahan bercita rasa asam seperti jus, cuka, acar, saus pedas. Bahan itu akan memperkaya cita rasa kentang goreng.

Namun, jangan berlebihan dalam menambahkannya karena akan menyebabkan kentang menjadi lembek. Cukup tambahkan secukupnya setelah kentang matang dari oven.

3. Panggang di atas rak terbuka

Memasak kentang goreng di atas loyang adalah hal yang biasa dilakukan, tetapi sebaiknya kentang dimasak di atas rak oven terbuka. Dengan cara itu kentang akan masak merata serta berwarna emas kecoklatan.

4. Gunakan air fryer

Ilustrasi kentang beku digoreng di air fryer. SHUTTERSTOCK/LIDIASILVA Ilustrasi kentang beku digoreng di air fryer.

Lauren Koeppe, seorang koki pribadi pendiri Create Hospitality, mengatakan bahwa menggunakan penggoreng udara akan menghasilkan kentang goreng yang lebih renyah.

Atur suhu air fryer sekitar 204 derajat celsius (400 derajat fahrenheit), masak kentang selama 12-14 menit. Pada menit ke 5-6 keluarkan kentang dan sebarkan agar hasil matang merata.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X