Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Es Krim Sedunia, Mengenal 5 Toko Es Krim Tertua di Amerika Serikat

Kompas.com - 19/07/2020, 12:05 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Es krim sudah lama dikenal di lingkungan bangsawan Amerika Serikat, makanan ini juga sudah dijual sejak dahulu kala di negara ini.

Sehingga pada Minggu ketiga pada Juli, dijadikan hari es krim nasional di Amerika Serikat. Perayaan ini telah berlangsung sejak 1984.

Baca juga: Hari Es Krim Sedunia 2020, Yuk Kenali 12 Jenis Es Krim di Dunia

Berikut ini toko-toko tertua yang menjual es krim di Amerika Serikat yang sampai sekarang masih melayani pembeli, seperti dilansir dari Food and Wine.

1. Fentons Creamery

Es krim Sundae, Fentons Creamery. DOK. FENTONSCREAMERY.COM Es krim Sundae, Fentons Creamery.

Letak: di Oakland, California

Toko ini adalah toko es krim tertua yang masih terus beroperasi sampai saat ini di sebelah barat Missisippi, namun pada 2001 sempat terhenti akibat peristiwa kebakaran yang terjadi.

Elbridge Fenton, pada 1894 mendirikan perusahaan yang memproduksi susu skala rumahan.

Kemudian jumlah produksi meningkat, Fenton memutuskan untuk memindahkan lokasi produksi ke Piedmont Ave pada tahun 1961, di tahun ini es krim mulai dibuat.

Namun ada cerita lain mengatakan jika es krim fenton dibuat pertama kali pada tahun 1929. Es krim fenton pertama kali adalah hasil ekperimen yang dibuat oleh karyawannya. Produk es krim itu dinamai Rocky Road.

2. The Angelo Brocato

Gelato khas Angelo Brocato, toko es krim tertua di Amerika Serikat. DOK. ANGELOBROCATOICECREAM.COM Gelato khas Angelo Brocato, toko es krim tertua di Amerika Serikat.

Lokasi: New Orleans, Los Angeles

Pada masa lalu, gelato belum dikenal di Amerika. Kemudian gelato diperkenalkan oleh Anglo Brocato seorang ahli gelato yang tiba di New Orlaeans dari Sisilia.

Menu yang menjadi populer di tempat ini adalah torroncino, gelato vanila dengan kayu manis dan irisan kacang almond. Resep torroncino adalah menu legendaris tempat ini sejak 1905.

3. Bassetts Ice Cream

Lokasi: Philadelphia, Pennsylvania

Toko es krim Basset sudah ada sejak 154 tahun yang lalu, dan telah berlokasi di Reading Terminal Market sejak tahun1982.

Pada tahun 1861, tempat ini didirikan oleh Quaker Lewis Dubois Bassett yang berprofesi sebagai seorang guru. Kini usaha ini sudah diturunkan kepada anak cucunya.

Toko es krim ini selalu dikunjungi oleh wisatawan yang mencari es krim berlemak. Rasa es krim yang dijual di toko ini yakni vanila, cokelat, kayu manis, rum raisin dan guatemala ripple.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com