Kompas.com - 19/07/2020, 09:19 WIB

KOMPAS.com - Pencinta kopi yang sudahkangen ngopi di coffee shop, bisa coba bikin sendiri kopi enak di rumah. Salah satu metode yang bisa digunakan dan mudah dipraktikkan adalah french press.

Baca juga: Cara dan Tips Bikin Kopi French Press, buat Ngopi Pagi

Cukup siapkan french press dan bubuk kopi segar, tak perlu beli mesin espreso mahal untuk membuat kopi enak.

Ilustrasi seseorang menuangkan kopi yang dibuat dengan french press. SHUTTERSTOCK/ANNGAYSORN Ilustrasi seseorang menuangkan kopi yang dibuat dengan french press.

Melansir Little Coffee Place, metode seduh kopi french press ternyata bukan pemain baru, bahkan ditemukan orang Italia pada tahun 1929.

Desainnya mengalami beberapa perubahan dan kemudian mulai menyebar di seluruh Eropa, dan akhirnya masuk ke Amerika.

French press memang terlihat sederhana, terdiri dari wadah kaca atau stainless steel dengan pegangan, sepotong silinder stainless steel mesh di bagian atas, dan penutup baja dengan pendorong sederhana yang dapat ditarik-dorong.

Mesin ini digunakan dengan menempatkan bubuk kopi di bagian bawah wadah, lalu bubuk kopi direbus dengan air panas, dan kemudian ditekan dengan plunger secara perlahan.

Kelebihan menggunakan french press

Keuntungan utama yang ditawarkan french press adalah memungkinkan pengguna membuat secangkir kopi sesuai dengan selera masing-masing.

Pengguna dapat memvariasikan waktu rendam bubuk kopi dan akhirnya menghasilkan rasa yang berbeda-beda.

Sebagian besar pengguna french press memilih untuk menggunakan biji kopi yang digiling manual berukuran medium.

Baca juga: 7 Ukuran Giling Biji Kopi, Buat Kamu yang Menyeduh di Rumah

Ilustrasi pecinta kopi menuang air mendidih ke dalam french press. SHUTTERSTOCK/ITTIDECH Ilustrasi pecinta kopi menuang air mendidih ke dalam french press.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.