Panduan Selama di Restoran untuk Pengusaha, Karyawan, dan Tamu dari Kemenparekraf

Kompas.com - 16/07/2020, 18:14 WIB
Kemanparekfraf luncurkan Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Restoran/Rumah Makan. Salah satu materi mengenai tempat duduk dan jarak antar tamu diatur minimal 1 (satu) meter atau melakukan rekayasa teknis seperti pemasangan partisi antar tamu di atas meja makan. dok. Biro Puskompublik KemenparekrafKemanparekfraf luncurkan Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Restoran/Rumah Makan. Salah satu materi mengenai tempat duduk dan jarak antar tamu diatur minimal 1 (satu) meter atau melakukan rekayasa teknis seperti pemasangan partisi antar tamu di atas meja makan.

JAKARTA,KOMPAS.com - Kemanparekfraf meluncurkan Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Restoran/Rumah Makan.

Salah satu materi dalam handbook atau buku saku ini adalah pelayanan makanan dan minuman di restoran pada masa new normal.

Panduan pelayanan makanan dan minuman yang ditujukan untuk pengusaha dan atau pengelola, fasilitas restoran, seperti berikut: 

Baca juga: Alur Pintu Masuk di Restoran Era New Normal, Panduan Makan di Luar Rumah

  1. Tempat duduk dan jarak antar tamu diatur minimal 1 (satu) meter atau melakukan rekayasa teknis seperti pemasangan partisi antar tamu di atas meja makan.
  2. Daftar menu makanan dan minuman disiapkan secara daring. Menu tertulis dapat disiapkan dengan bahan yang mudah dibersihkan atau hanya digunakan satu kali.
  3. Sediakan sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)/hand sanitizer di area pelayanan makan dan minum.
  4. Area dan barang publik dibersihkan dengan disinfektan/cairan pembersih lain yang aman dan sesuai secara berkala minimal 3 (tiga) kali sehari.
  5. Restoran/rumah makan bebas dari vektor dan binatang pembawa penyakit.
  6. Toilet dalam keadaan higienis, bersih, kering, tidak bau, dan berfungsi dengan baik, serta dibersihkan sesering mungkin setelah digunakan.
  7. Tempat sampah dalam keadaan tertutup.
  8. Pasang peta lokasi titik kumpul dan jalur evakuasi.

Selanjutnya barang publik yang harus selalu dibersihkan adalah lantai, meja dan kursi makan, peralatan makan, kemasan, pegangan pintu, dan toilet.

Baca juga: Sistem Prasmanan di Restoran Hotel Masih Memungkinkan, Seperti Apa?

Lalu panduan pelayanan makan dan minum bagi tamu adalah sebagai berikut:

  1. Duduk pada kursi yang telah diatur oleh pihak restoran/rumah makan atau atur jarak duduk dari orang lain
  2. Tidak menggunakan alat makan bersama-sama.
  3. Tidak berbagi makanan dan minuman dengan orang lain.
  4. Pada saat akan menikmati makanan dan minuman, tamu melepaskan masker dan menyimpan masker secara pribadi dengan baik dan aman, dan tidak meletakkan masker di atas meja makan.
  5. Tamu yang menggunakan toilet di area pelayanan makan dan minum menjaga agar tetap higienis, bersih, kering, dan tidak bau setelah digunakan.
  6. Tamu membuang sampah bekas makanan dan tisu di tempat sampah serta menjaga tempat sampah tetap tertutup.

Kemanparekfraf luncurkan Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Restoran/Rumah Makan. Salah satu aturan mengenai Karyawan menggunakan masker, sarung tangan, atau penjepit makanan pada saat penyajian untuk mengurangi kontak dengan makanan/minuman.dok. Biro Puskompublik Kemenparekraf Kemanparekfraf luncurkan Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Restoran/Rumah Makan. Salah satu aturan mengenai Karyawan menggunakan masker, sarung tangan, atau penjepit makanan pada saat penyajian untuk mengurangi kontak dengan makanan/minuman.

Selain tamu dan pengusaha dan atau pengelola, fasilitas karyawan juga harus mematuhi aturan mengenai Pelayanan Makan dan Minum, berikut aturannya :

Baca juga: Panduan Layanan Pesan Antar Makanan pada Era New Normal dari Kemenparekraf

  1. Karyawan menggunakan masker, sarung tangan, atau penjepit makanan pada saat penyajian untuk mengurangi kontak dengan makanan/minuman.
  2. Menyarankan tamu untuk melakukan pembayaran secara nontunai.
  3. Membawa makanan dan minuman dari dapur /tempat penyiapan makanan/ minuman ke area pelayanan makan/ minum dengan menggunakan penutup yang aman.
  4. Menutup alat makan yang diletakkan di meja makan (sendok, garpu, pisau dibungkus misalnya dengan tisu).
  5. Melakukan pelayanan dan penyajian makanan dengan tetap menjaga jarak dengan tamu minimal 1 (satu) meter.
  6. Ketika membersihkan meja bekas makan tamu, gunakan disinfektan/ cairan pembersih lain yang aman dan sesuai.
  7. Karyawan membersihkan toilet di area pelayanan makan dan minum sesering mungkin setelah digunakan tamu agar tetap higienis, bersih, kering, dan tidak bau.
  8. Karyawan mengingatkan tamu jika tidak mematuhi protokol kesehatan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X