Kompas.com - 14/07/2020, 22:01 WIB
Street Food Asia mengangkat kisah Mbah Lindu dari Yogyakarta, Indonesia, yang berumur 100 tahun dan tak pernah mengganti resep andalannya sejak pertama berjualan. Setiap makanan di serial ini memiliki kisah yang sama uniknya dengan para pembuatnya. NetflixStreet Food Asia mengangkat kisah Mbah Lindu dari Yogyakarta, Indonesia, yang berumur 100 tahun dan tak pernah mengganti resep andalannya sejak pertama berjualan. Setiap makanan di serial ini memiliki kisah yang sama uniknya dengan para pembuatnya.


JAKARTA, KOMPAS.com – Pakar kuliner Indonesia William Wongso menyebut penjual gudeg legendaris Yogyakarta, Mbah Lindu, sebagai sosok yang langka.

“Itu orang langka. Jarang banget orang-orang kayak gitu karena dia memang dilahirkan untuk itu. Enggak bisa diciptakan, enggak bisa dilatih,” kata William ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (14/7/2020).

William sendiri cukup sering bertemu Mbah Lindu sejak lima tahun yang lalu. Menurutnya, Mbah Lindu adalah sosok yang tak pernah mengeluh tentang apa pun.

Baca juga: Mbah Lindu Meninggal, Netizen Mengenang Penjual Gudeg Legendaris Yogyakarta Ini

Padahal beban kerja Mbah Lindu bisa dibilang luar biasa berat untuk orang dengan usia yang sudah lanjut seperti dirinya.

“Bayangkan jam 05.30 sudah di tempat jualan. Jam 09.00 pulang, agak siang sudah mulai siapkan untuk besok," terang William.

Itu dilakukan selama 80 tahun lebih, dari umur 13 tahun dia sudah jualan,” lanjutnya.

William bahkan menyebut sosok Mbah Lindu seharusnya masuk ke dalam catatan Guinnes Book of Records karena sudah jadi aset legenda nasional.

Mbah LinduNetflix Mbah Lindu

“Dia itu ibu Jawa yang pede dengan yang dia lakukan demi keluarga. Dedikasi Mbah Lindu itu untuk anak cucu, enggak mikirin yang lain dan diri sendiri. Itu luar biasa spiritnya. Susah cari orang zaman sekarang punya spirit seperti itu.”

Spirit itulah yang terus dipertahankan oleh Mbah Lindu bahkan hingga akhir hayatnya.

Walaupun sudah tak berjualan langsung di lokasi, tetapi Mbah Lindu masih terus membantu proses memasak di dapur.

Baca juga: 5 Fakta Gudeg Mbah Lindu yang Legendaris

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X