Kompas.com - 14/07/2020, 10:10 WIB
Ilustrasi espreso ditambah foam susu. SHUTTERSTOCK/MANITPHOTOIlustrasi espreso ditambah foam susu.

KOMPAS.com  - Membuat foam susu tidak harus menggunakan mesin espresso atau french press, kamu bisa menggunakan alat sederhana yang ada di rumah. 

Baca juga: 4 Cara Bikin Foam Susu Tanpa Mesin, Bekal buat Cappuccino ala Kafe

Executive Sous Chef Shangri-La Hotel Jakarta Rizky Wijatmoko menyampaikan tips dan trik membuat foam susu tanpa mesin.

"Sebenarnya membuat foam susu bisa tanpa mesin, hanya menggunakan microwave atau cuma dengan dimasak saja," jelas Rizky Wijatmoko, kepada Kompas.com, Jumat (10/7/2020).

Pada dasarnya terdapat dua cara untuk membuat foam susu tanpa mesin. Pertama dengan menggunakan microwave dan bisa dengan cara yang lebih praktis yaitu dimasak lalu dikocok dengan whisk.

1. Cara dengan microwave

Saat membuat foam susu dengan microwave, siapkan gelas yang ada tutupnya atau botol yang aman dimasukkan ke dalam microwave. Kemudian siapkan susu segar biasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Nah itu bisa langsung dikocok sampai sekitar dua menit, teruh gelas atau botol tersebut di dalam microwave, lalu panaskan selama 20 sampai 30 detik,”

Setelah itu foam dari susu bisa nasik dan mengembang dan bisa langsung dipakai.

2. Cara membuat foam susu dengan dimasak di atas api

Ketika dimasak di atas api, yang harus diperhatikan adalah suhunya. Jangan sampai susu dimasak di atas suhu 70 derajat celsius, sebab susu akan baik dan akan pecah.

Panaskan susu dengan suhu di bawah 70 derajat celsius lalu terus diaduk atau dikocok dengan balloon whisk, atau bisa dengan mixer. Dengan demikian foam susu bisa langsung disajikan.

Latte artPixabay/0102oxy Latte art

Foam susu bisa digunakan sebagai bahan minuman kopi, contohnya cappuccino yaitu espreso dengan susu plus busa ekstra tebal.

Baca juga: Kenali 9 Jenis Kopi Espresso Based, Biar Tidak Salah Pesan

Cappuccino dengan gaya Italia tradisional terdiri dari bagian yang sama dari espreso, yaitu susu dan busa susu.

Minuman ini cocok untuk kamu yang suka kopi berbusa dan krim. Lalu kamu juga bisa membuat macchiato. Ini adalah espreso dengan sedikit busa susu yang membentuk noda putih.

Baca tentang


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X