Kompas.com - 10/07/2020, 13:54 WIB
Maksrul Sodik Buhaeri (29) alias Ocho, salah sorang pekerja seni di Karawang memilih berjualan madu khas Baduy sejak Corona mewabah. KOMPAS.COM/FARIDAMaksrul Sodik Buhaeri (29) alias Ocho, salah sorang pekerja seni di Karawang memilih berjualan madu khas Baduy sejak Corona mewabah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rasanya tak lengkap saat berwisata tidak membawa oleh-oleh. Begitu pula saat berkunjung ke kawasan Baduy.

Orang Baduy Luar umumnya membuka warung dengan makanan dan minuman yang mirip dengan warung pada umumnya.

Namun bedanya warung mereka juga menjual hasil alam dan kerajinan dari orang Baduy Dalam.

Berikut ini tiga oleh-oleh makanan khas Baduy yang bisa kamu beli di waung-warung Cibologer, Lebak, Banten yang menjadi gerbang masuk kawasan Baduy.

Saat ini makanan kahs Baduy juga banyak dijual di e-commerce, tetapi cek dahulu ulasan pembeli lain mengenai keasliannya:

Baca juga: Bagaimana Perubahan Baduy Sejak Menjadi Kawasan Wisata?

1. Madu

Madu baduy terkenal sebagai madu kualitas wahid. Rasanya alami tanpa campuran apapun, diambil dari kawasan Baduy Dalam yang masih asri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laki-laki Baduy Dalam memang jago memanjat pohon dan untuk mencari madu.

Dalam beberapa waktu sekali, laki-laki Baduy Dalam akan keluar dari kawasan untuk berjualan hasil bumi, yang paling utama madu.

Mereka biasanya berjalan berkelompok, mengenakan pakaian adat Baduy Dalam dengan ikat kepala warna putih. Ciri lain mereka tidak mengenakan alas kaki saat berjalan.

Satu botol madu baduy dihargai kisaran Rp 100.000. Meski begitu hati-hati sebab di Jakarta banyak yang berpura-pura menjadi orang Baduy dan berjualan madu palsu.

Baca juga: Liburan ke Baduy, Wisatawan Bisa Jajal Hidup ala Suku Baduy

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.