Pilih Ikan Tuna Kualitas Bagus Sekarang Bisa Pakai Aplikasi Smartphone

Kompas.com - 09/07/2020, 14:11 WIB
Tuna Scope, aplikasi smartphone untuk menilai kualitas tuna terbaik. Dok. Tuna ScopeTuna Scope, aplikasi smartphone untuk menilai kualitas tuna terbaik.

KOMPAS.com - Era kemajuan teknologi dan pandemi virus corona mengubah kebiasan hidup, termasuk dalam industri perdagangan makanan segar.

Dilansir dari Japan Today, teknologi kini telah masuk dalam jual beli ikan dengan munculnya aplikasi smartphone untuk menilai ikan tuna berkualitas bagus. 

Aplikasi ini lahir karena kejadian yang dialami Kazuhiro Shimura yang membuatnya trauma. Ia membeli ikan tuna dengan rasa yang tidak enak. 

Baca juga: Ikan Dori yang Dimakan Orang Indonesia Ternyata Patin, Apa Beda Keduanya?

Shimura semakin tertarik ketika ia makan tuna yang tak enak tersebut sambil menonton televisi. 

Dalam tayangan televisi, seorang pedagang mengaku butuh puluhan tahun menjadi ahli pemilih ikan tuna untuk restoran sushi.

Dari sana ide membuat aplikasi dengan artificial intelligence (AI) bernama Tuna Scope lahir.

Tuna Scope menggunakan algoritma pembelajaran mendalam (deep learning algorithm) untuk mencari data penilaian dari pedagang.

 

Saat proses pembuatan, Tuna Scope mengumpulkan data 4.000 ekor ikan tuna untuk menjadi basis data AI. 

Ikan tuna beku, yang dikumpulkan Tuna Scope untuk basis data aplikasinya. Dok. Tuna Scope Ikan tuna beku, yang dikumpulkan Tuna Scope untuk basis data aplikasinya.

Klien dapat mengunduh aplikasi Tuna Scope di smartphone dan menggunakannya di mana saja. Aplikasi ini menjadi "standar penilaian terpadu" untuk memilih ikan tuna.

Dikutip dari situs resmi Tuna Scope, mereka mengklaim penilaian aplikasi 75-85 persen mirip dengan manusia yang ahli memilih tuna selama 35 tahun.

Halaman:

Sumber Japantoday
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X