Rumah Kurang Kena Sinar Matahari? Jangan Urung Berkebun, Ini Tipsnya

Kompas.com - 06/07/2020, 11:01 WIB
Pipa yang diubah warga menjadi tempat menanam sayuran KOMPAS.com/ JIMMY RAMADHAN AZHARIPipa yang diubah warga menjadi tempat menanam sayuran


JAKARTA, KOMPAS.com – Rumah di perkotaan terkesan bukan tempat yang tepat untuk melakukan aktivitas berkebun.

Lahan yang sempit belum lagi jika rumahmu menghadap ke arah tertentu yang sulit mendapatkan sinar matahari secara langsung.

Sinar matahari merupakan hal yang cukup vital untuk pertumbuhan tanaman.

Jika keadaan rumahmu sulit mendapatkan sinar matahari, ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya dan tetap bisa berkebun dengan maksimal.

Baca juga: Perhatikan 3 Hal Ini agar Tak Gagal Berkebun di Rumah

Praktisi urban farming dan petani kota, Sita Pujianto, yang telah melakukan aktivitas berkebun sejak 2013 memberikan beberapa tips seperti yang ia lakukan di kebun rumahnya.

“Rumah saya adalah rumah khas urban. Saya punya rumah sekitar 90 meter dengan luas teras yang tidak cukup besar. Saya mencoba menanam seperti biasa orang menanam di teras,” kata Sita.

Ia menjadi pembicara dalam acara Environmental Week Rancang Bangun Kebun Urban: Kebaikan Aktivitas Berkebun untuk Tatanan Warga Kota yang Lebih Baik yang diselenggarakan IDEA dan #SAYAPILIHBUMI, Sabtu (4/7/2020).

Baca juga: Alat-alat yang Perlu Disiapkan untuk Berkebun Metode Hidroponik

Tangkapan layar talang yang digunakan Sita untuk menanam sayuran di rumahnya agar mendapatkan sinar matahari yang cukupDok. Pribadi Sita Pujianto Tangkapan layar talang yang digunakan Sita untuk menanam sayuran di rumahnya agar mendapatkan sinar matahari yang cukup

“Masalahnya kala itu ada di sinar matahari. Rumah saya menghadap selatan yang agak kurang pas (mendapatkan sinar matahari),” lanjut Sita.

Pada awalnya Sita sempat menanam sayurannnya di depan rumahnya. Ia juga menumpang menanam sayuran di depan masjid yang tepat berada di seberang rumahnya.

Sayurannya pun tumbuh dengan baik karena sinar matahari yang melimpah. Namun hal itu tak bertahan lama, Sita akhirnya kembali mencoba menanam di balkon rumahnya.

Baca juga: Tips Tanam Sayuran dengan Metode Hidroponik di Ruangan Tertutup, Cocok untuk Anak Kos

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X