Cara Tanam Selada dan Sawi dengan Metode Hidroponik, 30 Hari Panen

Kompas.com - 05/07/2020, 12:03 WIB
warga RW 10 Kebayoran Lama di jaksel memanfaatkan pot dari botol bekas dan pipa untuk menanam sayuran organik seperti selada. KOMPAS.com/ JIMMY RAMADHAN AZHARIwarga RW 10 Kebayoran Lama di jaksel memanfaatkan pot dari botol bekas dan pipa untuk menanam sayuran organik seperti selada.

JAKARTA,KOMPAS.com -Menanam sawi dan selada dengan metode hidroponik terbilang tidak sulit. Sayuran hijau ini mudah ditanam bagi para pemula.

Hidroponik sendiri adalah metode menanam yang menggunakan media air. Metode ini cocok bagi kamu yang ingin berkebun tetapi tidak memiliki lahan dan tanah yang luas.

Baca juga: Alat-alat yang Perlu Disiapkan untuk Berkebun Metode Hidroponik

Ikbal Alexander dari Kertabumi Recycling Center menjelaskan, jika sayuran hijau adalah tumbuhan yang ideal bagi pemula yang ingin berkebun hidroponik.

"Saya selalu merekomendasikan sayuran yang dikonsumsi sehari-hari," kata Ikbal kepada Kompas.com, Rabu (1/7/2020).

Tanaman yang ideal dan mudah ditanam dengan hidroponik ini adalah sayuran hijau, antara lain kangkung, sawi, selada dan bayam.

Sebelum menanam selada dan sawi kamu perlau memerhatikan beberapa hal, pertama mengenai alat yang dibutuhkan dan cara merawatnya. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat akan menanam tanaman hidroponik.

Mempersiapkan alat

Ikbal mengatakan jika peralatan untuk hidroponikbisa dibuat sendiri dan banyak yang sudah dijual di toko online.

Baca juga: Tanaman yang Mudah Tumbuh dengan Metode Hidroponik, Cocok Buat Pemula

“Alat ini sudah sering dijual di online shop, itu sudah lengkap sama dinamonya, penampung tumbuhannya lalu juga ada tabung airnya, ini lebih simpe," kata Ikbal. 

Kisaran harga alat berkebun hidroponok mulai Rp 100.000 hingga Rp 200.000, tergantung luas media tanam.

Ilustrasi menanam dengan metode hidroponik. SHUTTERSTOCK/DANIELSIKODOX Ilustrasi menanam dengan metode hidroponik.

Alat hidroponik tersebut dilengkapi dengan sumber listrik yang digunakan untuk memompa air dan untuk masuk ke semua ke lubang-lubang pipa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X