Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Pizza Hut, Restoran Mendunia yang Dirintis dari Pinjam Uang Ibu

Kompas.com - 03/07/2020, 15:42 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemegang lisensi waralaba Pizza Hut di Amerika Serikat, bangkrut. Namun demikian pemilik hak waralaba Pizza Hut yang juga menjadi kantor pusat yaitu Yum Brands Inc masih beroperasional dengan normal.

Menilik perjalanan Pizza Hut memang menarik. Restoran pizza asal Amerika Serikat ini mampu mendunia dan memiliki lebih dari 16.000 cabang di lebih dari 100 negara.

Pizza Hut pertama kali dirintis oleh Dan dan Frank Camey bersaudara pada 1958 di Wichita, Kansas, Amerika Serikat. 

Baca juga: 7 Rasa Pizza Hut Paling Unik di Dunia, dari Boba sampai Durian

Saat itu usia Dan and Frank sepantaran dengan anak kuliah, mereka belum punya modal cukup untuk membuka restoran.

Oleh karenanya, Camey bersaudara meminjam uang ibu mereka sebagai modal.

Dikutip dari situs resmi Pizzahut.com, uang yang dipinjam Camey bersaudara ke ibu mereka adalah 600 dollar AS atau setara 5.400 dollar AS di masa kini (sekitar Rp 78 juta).

Meat Lovers, salah satu menu pizza favorit di Pizza Hut.DOK. PIZZA HUT RESTAURANT Meat Lovers, salah satu menu pizza favorit di Pizza Hut.

Keduanya lalu bersiap membuka restoran piza. Hal yang menarik nama Pizza Hut dipilih sebenarnya karena ketidaksengajaan.

Saat ingin membuat papan nama, papan hanya cukup untuk delapan huruf. Akhirnya Camey bersaudara memilih nama Pizza Hut agar muat di papan.

Camey bersaudara memiliki prinsip untuk membuat piza yang enak dan layanan seperti keluarga di rumah. Mereka juga akrab dengan petani lokal untuk memasok bahan berkualitas.

Baca juga: Pizza Hut Taiwan Luncurkan Pizza Topping Ramen, Tertarik Coba?

Pada 1969, logo atap merah mulai diaplikasikan pada nama Pizza Hut.

Hanya butuh 13 tahun, untuk Pizza Hut menjadi restoran piza waralaba nomor satu di dunia. Pada 1971, dari segi penjualan dan jumlah restoran Pizza Hut unggul dari restoran piza yang lain.

Pada 1995, Pizza Hut membuat kreasi stuffed crust atau tepian roti yang berisi. Kreasi ini mendongkrak penjualan piza mereka.

Baca juga: Resep Pizza Teflon Simple, Bisa Dibikin Bareng Anak

Pada 2001, Pizza Hut menjadi perusahaan pertama yang mengantarkan pizanya ke Space Station (stasiun angkasa) internasional.

Saat ini Pizza Hut masih beroperasional dan setiap negara memiliki kreasi piza masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com