Resep Pancake Lembut ala Jepang, Menu Sarapan Enak dan Praktis

Kompas.com - 02/07/2020, 08:07 WIB
Ilustrasi fluffly pancake ala Jepang dengan taburan gula bubuk dan sirup mapel. SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKERIlustrasi fluffly pancake ala Jepang dengan taburan gula bubuk dan sirup mapel.

KOMPAS.com - Terdapat beragam pancake yang cocok untuk menu sarapan. Kalau ingin merasakan sarapan yang berbeda, coba bikin fluffy pancake ala Jepang.

Baca juga: Resep Banana Pancake, Cocok untuk Sarapan

Walaupun terlihat rumit, ternyata pancake lembut ini cukup mudah dibuat dan tak memakan waktu lama. Lebih kurang 12 menit untuk membuat satu buah pancake.

Kamu pun dapat menambahkan beragam topping kesukaan, mulai dari madu, irisan buah segar, sampai es krim. Maupun sirup maple, topping khas pancake.

Berikut resep fluffy pancake ala Jepang dari BBC Good Food.

Resep pancake lembut ala Jepang

Bahan

  • 150 gr tepung self-raising atau tepung serbaguna
  • ½ sdt baking powder
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 telur
  • 1 sdm minyak (resep ini menggunakan minyak bunga matahari atau biji anggur)
  • 180 ml susu
  • Ekstrak vanili (opsional)
  • Oil spray atau minyak, untuk masak pancake
  • Topping favorit

Baca juga: Beda Fungsi Tepung Terigu Serbaguna, Protein Rendah, dan Protein Tinggi

Ilustrasi membuat pancake ala rumahan. SHUTTERSTOCK/EXOUSIA Ilustrasi membuat pancake ala rumahan.

Cara membuat

1. Siapkan mangkuk besar, ayak tepung dan baking powder. Tambahkan gula. Buat lubang di tengah campuran tepung, masukkan telur dan minyak. Aduk perlahan.

Tuangkan susu secara berkala ke dalam adonan sembari diaduk pakai kocokan manual. Tambahkan ekstrak vanili.

Kalau ingin praktis, bisa campur adonan menggunakan mixer.

2. Siapkan wajan teflon anti lengket, hidupkan kompor, api kecil. Letakkan cetakan bulat setinggi kira-kira 3,5 sentimeter di atas wajan.

Bisa juga tidak pakai cetakan, tetapi mungkin bentuknya kurang pas.

Ilustrasi fluffy Japanese pancake dengan topping aneka beri. Sajian ini cocok untuk sarapan. SHUTTERSTOCK/MARI BRUE Ilustrasi fluffy Japanese pancake dengan topping aneka beri. Sajian ini cocok untuk sarapan.

Semprotkan atau olesi wajan dan cetakan dengan minyak atau oil spray. Tuangkan adonan ke dalam cetakan, jangan sampai penuh, cukup 3/4 bagian. Tutup wajan, masak selama 10 menit dengan api kecil.

3. Balik pancake kalau sudah muncul gelembung dan ujungnya agak kering. Hati-hati saat membalik, supaya adonan tidak hancur. Masak lagi selama 1-2 menit. Ulangi proses masak pancake sampai adonan habis.

Siapkan piring, tumpuk pancake selagi hangat. Tambahkan topping kesukaan. Fluffy pancake ala Jepang pun siap disantap saat sarapan.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X