GoFood Buka Cloud Kitchen, Bagaimana Sistem di Dapur Bersama Itu?

Kompas.com - 30/06/2020, 22:10 WIB
Ilustrasi dapur bersama atau cloud kitchen. SHUTTERSTOCK/PAVEL L PHOTO AND VIDEOIlustrasi dapur bersama atau cloud kitchen.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cloud kitchen atau dapur bersama belakangan ini sering menjadi perbincangan oleh pelaku bisnis kuliner.

Baca juga: Apa Itu Cloud Kitchen, Konsep Bisnis Kuliner yang Marak Saat Pandemi

Pasalnya konsep dapur bersama dapat memangkas biaya operasional, dari sewa tempat, perlengkapan restoran, hingga gaji SDM. Sehingga tren cloud kitchen atau dapur bersama sudah mulai banyak peminatnya.

GoFood meluncurkan dapur bersama miliknya sekitar Oktober dan November tahun lalu.

Platform digital yang menawarkan layanan online untuk pelanggan dan mitra kerja GoFood ini memiliki sistem yang telah ditetapkan untuk cloud kitchen atau dapur bersamanya.

Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo menjelaskan sistem dapur bersama milik GoFood, dalam webinar "Resep UMKM Bangkit Bersama GoFood" yang dilaksanakan pada Senin, 29 Juni 2020.

Mitra UMKM Kuliner GoFood, Martabak Pizza Orins memanfaatkan peluang cloud kitchen milik Gojek untuk berekspansi.Dok Humas Gojek Mitra UMKM Kuliner GoFood, Martabak Pizza Orins memanfaatkan peluang cloud kitchen milik Gojek untuk berekspansi.

"Dalam waktu singkat kita sudah punya 27 kitchen di Jabodetabek, Bandung, dan Medan," papar Catherine Hindra Sutjahyo.

Konsep dapur bersama milik GoFood ini memberikan UMKM yang menjadi mitra kerja GoFood tergabung pada dapur yang dikhususkan untuk delivery.

Sehingga memudahkan driver, tidak harus mengantre bersama konsumen yang dine-in.

"Lokasi yang dipilih dapur bersama berdasarkan data, demand yang cukup baik. Mengundang partner GoFood untuk bergabung dan disediakan fasilitas, tinggal masuk, dan masak di sana.
Lokasinya buat driver lebih mudah dan accesibility," ujar Catherine.

Ilustrasi dapur modern. Dok. Shutterstock/ Africa Studio Ilustrasi dapur modern.

Sistem yang ditawarkan bukan rental tetapi revenue sharing. Pada saat para pelaku UMKM bergabung, kebutuhan dasarnya ditanggung oleh GoFood, seperti gas, listrik, dan chiller.

Baca juga: Untung Rugi Berbinis Kuliner dengan Konsep Cloud Kitchen

Di dapur bersama itu akan ada sekat pembatas antar UMKM satu dengan lainnya. GoFood berencana untuk memperluas dan membuka kembali dapur bersama.

Pada dasarnya keunikan dari cloud kitchen atau juga disebut ghost kitchen adalah restoran fokus hanya menawarkan jasa pesan-antar saja.  Jadi tak ada area untuk tamu makan di tempat.

Banyak cloud kitchen yang dibangun khusus oleh perusahaan layanan pesan-antar makanan kemudian diisi oleh berbagai merek restoran.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X