Perbedaan Rendang Minang dan Malaysia, dari Asal-usul sampai Tekstur

Kompas.com - 30/06/2020, 18:18 WIB
Ilustrasi rendang daging sapi khas Minang. SHUTTERSTOCK/IKA RAHMA HIlustrasi rendang daging sapi khas Minang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rendang merupakan salah satu masakan kebanggaan Indonesia. Sampai-sampai Gordon Ramsay, koki selebritas asal Inggris, mengunjungi Sumatera Barat untuk belajar memasak rendang.

Gordon ditemani oleh William Wongso, pakar kuliner Indonesia, sekaligus mentor Gordon untuk mempelajari serba-serbi rendang.

Baca juga: Gordon Ramsay: Uncharted Sumatera Barat Besok Tayang, Ini Cerita di Balik Layar

Redang tidak hanya ditemukan di Sumatera Barat, melainkan juga di Malaysia. Namun keduanya mempunyai sejumlah perbedaan cukup signifikan.

Lalu apa bedanya rendang khas Minang dengan rendang Malaysia? Melansir artikel Kompas.com, ini perbedaannya dilihat dari asal-usul sampai penggunaan rempah dan bahan masakan:

1. Asal-usul

Rendang asal usulnya dari tanah Minangkabau alias daerah Sumatera Barat. Sejarahnya, sejak lama orang Minang yang merantau dipercaya membawa rendang ke negara-negara tetangga.

Hal ini karena proses memasak rendang sangat lama sehingga rendang juga menjadi awet dan tahan lama untuk dibawa dalam perjalanan jauh.

Pada masa lampau, rendang menjadi makanan bekal untuk perantau dan orang yang naik haji.

Rendang juga dibawa hingga ke Negeri Jiran. Di Malaysia sendiri terjadi proses asimilasi kuliner sehingga menghasilkan rendang yang berbeda dengan di Sumatera Barat.

2. Cara masak

Rendang merupakan cara memasak, berasal dari kata 'randang' atau ‘merandang’, yaitu menggosongkan santan dengan api kecil hingga warna masakan menghitam.

Namun, secara dunia internasional, istilah 'randang' sebagai cara memasak tidak dikenal

Pada dasarnya proses memasak rendang ada tiga tahapan, mulai dari gulai, kalio, sampai rendang.

Baca juga: Bedanya Rendang di Jakarta dan Sumatera Barat, Yuk Pelajari

Rendang Minang dimasak selama 8 jam hingga menyentuh proses memasak rendang sehingga berwarna hitam kecoklatan. Hasilnya, rendang juga menjadi awet.

Ilustrasi rendang daging sapi khas Minang, dimasak sampai berwarna kehitaman. SHUTTERSTOCK/MUGIKUN19 Ilustrasi rendang daging sapi khas Minang, dimasak sampai berwarna kehitaman.

Rendang Malaysia cenderung lebih basah karena tidak dimasak hingga benar-benar kering dan menghitam sampai ke proses rendang. Hasil seperti ini sering disebut sajian kalio oleh masyarakat Sumatera Barat.

Tahap masak kalio yaitu ketika bahan yang sama dimasak selama sekitar 4 jam. Hidangan kalio berciri khas kuah kental berwarna kemerahan dan berminyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X