Cicipi Rendang Buatan Gordon Ramsay, Gubernur Sumatera Barat: ‘Lamak Bana’

Kompas.com - 29/06/2020, 21:05 WIB
Ilustrasi rendang daging sapi Padang. SHUTTERSTOCK/ISMED_PHOTOGRAPHY_S5Ilustrasi rendang daging sapi Padang.

JAKARTA, KOMPAS.com – Gordon Ramsay ditantang oleh pakar kuliner William Wongso untuk membuat rendang dalam acara Gordon Ramsay: Uncharted yang tayang pada Senin (29/6/2020) di National Geographic Channel.

Dalam tantangan ini, Gordon dan William masing-masing membuat rendang dan beberapa sajian lainnnya untuk kemudian dinilai oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno. Hal itu ternyata sempat membuat Gordon gugup.

Baca juga: Gordon Ramsay Cicipi dan Bikin Kue Bika Khas Minang

“Aku selalu gugup baik dinilai kritikus, orangtuaku, atau bahkan gubernur. Tidak ada hidangan dalam karierku yang sepenuhnya aku yakini karena ada berbagai citarasa kompleks dalam hidangan Indonesia,” kata Gordon Ramsay.

Setelah berkeliling Sumatera Barat mempelajari soal kuliner Minang dan mencari bahan-bahan terbaik untuk membuat rendang, Gordon dan William pun bertemu di sebuah area pinggir sungai adu masak.

William Wongso membuat rendang dengan cara tradisional, yakni memasak daging sapi dalam kuah rendang selama lebih dari 8 jam.

Ilustrasi rendang daging sapi khas Minang. SHUTTERSTOCK/GRINDR Ilustrasi rendang daging sapi khas Minang.

Sementara Gordon Ramsay mencoba membuat rendang dengan cara yang sedikit berbeda. Ia menggunakan daging sapi bagian tenderloin yang jarang digunakan untuk rendang.

Ia pun membakar lebih dahulu daging sapi untuk memberikan karamelisasi pada daging sebelum mencampurkannya dengan bumbu rendang yang sudah ia masak sejak sehari sebelumnya.

Di sela-sela proses memasak, gubernur Sumatera Barat datang bersama keluarganya. Ia kemudian terlihat membantu William Wongso memasak rendang. William Wongso menyebut gubernur seakan seperti asistennya dalam memasak.

Setelah semua makanan jadi, Gordon dan William pun menyajikan makanan yang sudah mereka buat.

Ilustrasi proses membuat rendang, kuliner khas Minang. SHUTTERSTOCK/GRATSIAS ADHI HERMAWAN Ilustrasi proses membuat rendang, kuliner khas Minang.

Gordon membuat rendang dua cara yakni rendang daging sapi dan rendang ikan. Lalu ada pula sambal dengan terung, serta dessert yoghurt susu kerbau dengan ketan dan buah durian utuh.

Sementara William menyajikan rendang daging tradisional, kari pakis dengan krim, dan udang panggang.

Ternyata, hasil rendang buatan Gordon dinilai sangat enak oleh gubernur dan keluarganya.

Mereka bahkan mengucapkan “lamak bana”, bahasa daerah Minang yang artinya sangat lezat untuk mendeskripsikan rasa rendang buatan Gordon tersebut.

Baca juga: Cicipi Rendang Buatan Gordon Ramsay, Gubernur Sumatera Barat: ‘Lamak Bana’

"Untuk hasilnya karena saya yang ngajarin, bumbunya kita yang ngajarin jadi ya enggak memalukan lah,” kata William Wongso sambil tertawa.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X