Apakah Benar Buah Hampir Busuk Bikin Gelato Makin Enak?

Kompas.com - 24/06/2020, 16:46 WIB
Ilustrasi ragam rasa gelato khas Italia. SHUTTERSTOCK/JM TRAVEL PHOTOGRAPHYIlustrasi ragam rasa gelato khas Italia.

KOMPAS.com - Dessert dingin apa yang jadi pilihanmu? Mungkin ada yang suka gelato. Mengingat rasanya cenderung lebih kaya dibandingkan es krim. Tekstur gelato pun lebih padat dan tebal.

Baca juga: Udara Lagi Panas? Coba Resep Es Sorbet, Pakai Buah Apa Aja

Gelato juga banyak pilihan rasanya, mulai dari yang mengandung krim atau susu sampai rasa buah.

Rasa buah pada gelato biasanya terasa lebih kuat daripada es krim. Buah mengandung rasa asli, gula, dan lemak. Faktor itulah yang nantinya disesuaikan dengan bahan pembuatan gelato.

Ilustrasi gelato khas Italia. Gelato punya tekstur lebih padat daripada es krim. SHUTTERSTOCK/ALESSANDROZOCC Ilustrasi gelato khas Italia. Gelato punya tekstur lebih padat daripada es krim.

Perlu trik khusus dalam penggunaan buah pada gelato. Apabila ingin mendapatkan rasa gelato yang lebih intens maka sebaiknya menggunakan buah yang sudah hampir busuk alias sangat matang.

Namun, tak ada ketentuan pasti mengenai usia buah. Para artisan gelato biasanya mengandalkan kepekaan dan pengalaman mereka untuk mengetahui kapan waktu terbaik sebelum buah busuk.

Buah kematangan mempunyai kadar gula cukup tinggi, maka tak perlu menambahkan gula saat membuat gelato. Rasa manis gelato didapat dari buah hampir busuk itu.

Ilustrasi seseorang memegang gelato dengan latar belakang Piazza Navona di Roma, Italia. SHUTTERSTOCK/NATALIA_MAROZ Ilustrasi seseorang memegang gelato dengan latar belakang Piazza Navona di Roma, Italia.

Lemak dalam gelato tidak hanya berasal dari susu dan kuning telur. Buah yang digunakan saat bikin gelato juga memengaruhi kandungan lemaknya. 

Kalau buah sudah mengandung banyak lemak, tidak perlu pakai lemak tambahan. Dua buah yang mengandung banyak lemak seperti alpukat dan durian.

Kandungan lemak pada gelato cenderung lebih sedikit dibandingkan es krim. Sementara untuk krimnya maksimal 25 persen dari susu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X