Tips Tanam Bawang Merah di Rumah, Bisa untuk Bumbu Dapur

Kompas.com - 24/06/2020, 07:16 WIB
Ilustrasi bawang merah. DOK. Humas Kementerian PertanianIlustrasi bawang merah.

JAKARTA,KOMPAS.com  - Bawang merah menjadi bumbu wajib dari hampir semua masakan Indonesia. Kamu bisa menanam bawang merah di rumah.

Hasil panen bisa kamu nikmati untuk jadi bumbu di dapur. Nantinya hal ini juga akan menghemat biaya belanja bumbu. 

Learning Coordinator Kebun Kumara, Sarah Adipayanti, menjabarkan tips menanam bawang merah di rumah. Berikut cata dan tips dalam menanam bawang merah di rumah:

Baca juga: Cara Tanam Cabai di Rumah, Tak Perlu Lahan Besar

Alat yang perlu disiapkan

Langkah pertama dalam menanam bawang merah adalah mempersiapkan bahan dan alat untuk menanam.

Pertama siapkan media tanah, lahan yang cukup dan terpapar sinar matahari, benih, serta wadah untuk ditanam.

1. Wadah untuk ditanam bisa menggunakan bekas gelas plastik dari kopi susu atau botol plastik yang sudah tidak terpakai.

"Intinya memanfaatkan apa saja yang ada di rumah. Kamu juga bisa memanfaatkan polybag, kalau bawang merah langsung di pot saja," jelas Sarah kepada Kompas.com, Minggu (21/6/2020).

2. Sinar matahari merupakan komponen penting dalam proses menanam bawang merah. Mengingat tanaman memperlukan matahari agar bisa melakukan proses fotosintesis.

Tanaman pangan membutuhkan panas dari sinar matahari enam sampai delapan jam dalam sehari.

Baca juga: Apa Itu Sorgum? Alternatif Makanan Pokok Selain Beras

 

Sebelum memulai menanam lebih baik observasi dulu apakah di rumah ada fasilitas yang terpapar sinar matahari enam sampai delapan jam.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X