Kompas.com - 22/06/2020, 10:05 WIB
Pecak lele salah satu makanan khas Betawi yang ada di Bekasi, Pondok Gabus Lukman, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/1/2018). KOMPAS.COM/ANGGITA MUSLIMAHPecak lele salah satu makanan khas Betawi yang ada di Bekasi, Pondok Gabus Lukman, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/1/2018).


JAKARTA, KOMPAS.com – Walaupun sudah semakin sedikit, beberapa daerah di Jakarta ini tetap berusaha untuk melestarikan kuliner Betawi yang kian lama kian sulit untuk ditemukan.

Baca juga: Resep Sayur Gabus Pucung, Kuliner Khas Betawi yang Kian Langka

Dalam rangka ulang tahun Jakarta yang genap berusia 493 tahun pada 22 Juni 2020, berikut ini lokasi yang tepat untuk berburu kuliner khas Betawi di Jakarta.

Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat jelajah kuliner, gunakan masker dan cuci tangan, serta jaga jarak fisik. Bisa juga dibungkus atau pesan via aplikasi online.

1. Rawa Belong

Kamu mungkin mengenal Rawa Belong sebagai kawasan pasar bunga yang terkenal di Jakarta Barat.

Di sini, kamu juga bisa dengan mudah menemui aneka kuliner khas Betawi. Misanya, nasi uduk khas Betawi yang terkenal dengan semur jengkolnya itu.

Ada pula soto mie, soto Betawi, kue dongal, dan roti buaya yang tersebar di banyak warung kaki lima sekitar kawasan Rawa Belong. Terdapat juga restoran khas Betawi di pinggir jalan raya Rawa Belong.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bang Udin, generasi kedua pengelola Warung Nasi Uduk Bang Udin di Kawasan Rawa Belong, Palmerah, Jakarta. Usaha warung nasi uduk pertama kali dijalankan oleh ayahnya pada tahun 1986 yakni Dasuki.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Bang Udin, generasi kedua pengelola Warung Nasi Uduk Bang Udin di Kawasan Rawa Belong, Palmerah, Jakarta. Usaha warung nasi uduk pertama kali dijalankan oleh ayahnya pada tahun 1986 yakni Dasuki.

2. Condet

Condet sempat ditetapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin sebagai kawasan Cagar Budaya Betawi. Hingga kini, aneka kuliner khas Betawi masih tetap lestari di Condet.

Kamu bisa menemukan mulai dari dodol tradisional Betawi, nasi ulam, kue talam, dan masih banyak lagi.

Proses pengadukan adonan dodol betawi berlangsung hingga 6-8 jam untuk mendapatkan hasil yang optimal.KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Proses pengadukan adonan dodol betawi berlangsung hingga 6-8 jam untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Meruya

Kawasan Jakarta Barat juga punya sejumlah restoran yang menawarkan kuliner khas Betawi. Ada soto Betawi yang legendaris dan sayur asam khas Betawi.

Tak itu saja, kamu juga bisa menemukan pecak dan pucung yang kian langka di Meruya sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X