Jangan Buang Pisang Hampir Busuk, Coba Resep Bolu Kukus Pisang

Kompas.com - 16/06/2020, 14:11 WIB
Ilustrasi sponge cake pisang. SHUTTERSTOCK/ANASTASIA_PANAITIlustrasi sponge cake pisang.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Punya pisang yang sudah sangat matang dan warnya mulai coklat? Jangan dibuang karena bisa diolah menjadi bolu kukus.

Baca juga: Ini Tingkat Kematangan Pisang, Bisa Dibuat Aneka Makanan

"Ini bisa dilakukan sama ibu-ibu rumahan, caranya mudah dan bahannya juga mudah didapat, cuma pakai kukusan masaknya," jelas Senior Pastry & Bakery Cook Hotel Santika Bandung, Siti Kanari.

Untuk membuat bolu kukus sengaja dipilih pisang yang sudah kecoklatan dan memiliki tingkat kematangan mendekati busuk. Sebab dengan demikian rasa dan aroma pisang lebih kuat.

"Iya lebih wangi aromanya (pisang yang coklat), biasanya kalo ibu-ibu selalu memanfaatkan pisang yang sudah layu atau kecoklatan karena kalo dimakan langsung udah tidak terlalu enak, daripada dibuang lebih baik dibuat bolu pisang," jelas Siti.

Siti menjelaskan, selain gampang dibuat, bolu kukus ini juga ekonomis.

Ilustrasi pisang sangat matang. SHUTTERSTOCK/ENLIGHTENED MEDIA Ilustrasi pisang sangat matang.

Resep bolu kukus

Bahan

  • 4 butir telur
  • 200 gram gula pasir
  • 4 buah pisang ambon yang sudah kecoklatan
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram susu bubuk
  • 10 gram baking powder
  • 5 gram baking soda
  • 60 ml minyak goreng

Ilustrasi kukusan aluminium untuk masak bolu kukus pisang. SHUTTERSTOCK/JUNPINZON Ilustrasi kukusan aluminium untuk masak bolu kukus pisang.

Cara membuat bolu kukus

1. Kupas pisang, hancurkan sampai halus dan masukkan dalam satu wadah besar.

2. Campurkan gula pasir, tepung terigu, susu bubuk, baking powder, dan baking soda. Kocok pakai mixer, terakhir masukkan minyak goreng. Aduk sampai rata. Sisihkan.

3. Olesi loyang dengan minyak goreng. Kemudian tuangkan adonan bolu pisang.

4. Tutup loyang pakai kain atau lap agar air hasil uap kukusan tidak menetes ke adonan, tutup kukusan. Kukus sampai matang, angkat dan sajikan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X