Kompas.com - 15/06/2020, 16:36 WIB
Rawon Setan yang warungnya terletak di Jalan Embong Malang nomor 78, Genteng, Surabaya, Jawa Timur. KOMPAS.com/SHERLY PUSPITARawon Setan yang warungnya terletak di Jalan Embong Malang nomor 78, Genteng, Surabaya, Jawa Timur.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan, Surabaya juga banyak menyimpan ragam kuliner khas. Mulai dari bebek Madura, nasi cumi, rawon, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 3 Makanan Berbentuk Virus Corona, Salah Satunya Bakso Aci di Surabaya

Kuliner malam di Surabaya juga beragam. Jika kamu lapar tengah malam, jangan khawatir. Kamu akan menemukan banyak restoran yang buka hingga dini hari atau 24 jam.

Namun, sebaiknya di tengah masa pandemi ini kamu perlu menjaga jarak saat berada di tempat makan tersebut. Ada juga yang sediakan jasa ojek online, take away, atau delivery.

Berikut delapan kuliner malam khas Surabaya yang bisa membuatmu kenyang di tengah malam. Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu.

1. Rawon setan

Hidangannya tidak pedas atau menakutkan seperti namanya. Rawon setan merupakan salah satu kulinerr legendaris di Surabaya. Rawon setan berisi kuah rawon yang hitam pekat dan daging sapi yang empuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Makanan Seafood Mentah Khas Indonesia, Lebih Enak dari Sashimi

Saat mencicipi kuah rawon, rasa kaldu sapi sangat harum yang berbaur dengan bumbu dapur menghadirkan rasa pedas, asin, dan gurih.

Dalam satu mangkuk rawon setan kamu bisa tambah beragam topping. Kamu bisa menambahkan potongan daging, lemak, jeroan, lidah, hingga buntut sapi.

Selain itu, rasa kuah rawon yang pekat dan kental terasa seimbang karena dilengkapi dengan taoge mentah di atasnya, ditambah rasa gurih dari bawang merah.

Jika ingin lebih mantap kamu bisa menambahkan telur asin, lalu juga tak lupa kerupuk udang yang gurih, agar rasanya semakin mantap.

Rawon Setan - Embong Malang berada di Jalan Embong Malang Nomor 78/I, Genteng. Rumah makan ini melayani pembelinya pukul 08.00-23.00. Satu porsi rawon daging dihargai Rp 45.000 per mangkuk.

2. Nasi Cumi Pasar Atom

Warung cumi sederhana ini terletak di Jalan Waspada Nomor 2-4, Bongkaran, Pabean Cantian. Berada di sebelah gedung lama Pasar Atom.

Baca juga: Hari Pahlawan, Kisah Hotel Majapahit Surabaya yang Legendaris

Warung kaki lima yang menjual hidangan utama nasi cumi itu buka 24 jam.

Cumi dimasak dengan tinta cumi itu sendiri dengan rasa gurih manis. Selain itu nasi cumi juga dilengkapi dengan lauk seperti empal, paru, usus sapi.

Tidak ketinggalan peyek udang yang rasanya gurih dari kemiri dan tekstur renyah. Sambal dari nasi cumi ini tidak begitu pedas, tapi terasa asin dan tidak terlalu menonjol rasanya.

Setelah nasi, cumi, lauk dan sambal, sepiring nasi cumi ini juga dilengkapi dengan mi goreng. Lalu ada tahu dan telur sambal goreng, sehingga lauknya tambah banyak dan kian mantap.

Selain nasi cumi, warung ini juga menyediakan hidangan rawon cumi yang tidak kalah nikmat. Satu porsi dari Nasi Cumi Pasar Atom komplet adalah Rp 33.000.

3. Bakso Omen Again

Para pencinta bakso bisa berkumpul. Kuliner malam di Surabaya lainnya yang bisa kamu datangi adalah Bakso Omen. Warung bakso sederhana ini terletak di Jalan Raya Darmo Baru Barat 19, Surabaya.

Baca juga: Tips Hilangkan Rasa Panas pada Tangan setelah Makan Nasi Padang

Warung bakso omen buka setiap Selasa-Minggu pukul 19.30-24.00 WIB. Di warung ini kamu bisa mencicipi ragam varian bakso seperti, bakso isi keju, bakso urat, bakso isi sambal, bakso isi telur puyuh, dan masih banyak lagi.

Selain itu juga ada bakso jumbo kasar iga, yang dihidangkan lengkap dengan tulang iganya. Selain itu juga bakso sapi tetelan, bakso sapi isi sapi cacah.

Untuk isiannya kamu bebas mengisi mangkuk baksomu dengan banyak pilihan, mulai dari mi kuning, soun, bihun. Kamu juga bisa menambahkan gorengan atau lontong.

Bakso iga kasar ukuran super besar dihagai Rp 45.000 sedangkan bakso halus isi keju mozzarella dihargai Rp 15.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X