Kompas.com - 15/06/2020, 15:19 WIB
Ilustrasi es krim rumahan bertekstur lembut. SHUTTERSTOCK/Eva OrlovaIlustrasi es krim rumahan bertekstur lembut.

KOMPAS.com - Bikin es krim sendiri di rumah cukup sederhana, tanpa mixer dan hanya butuh 3 bahan utama. Di antaranya heavy cream, krim kental manis, dan sirup cokelat atau cokelat bubuk.

Baca juga: Resep Es Krim Cokelat Tanpa Mixer, Cuma Pakai Tiga Bahan

Setelah berhasil bikin es krim rumahan. Sebaiknya simpan dengan tepat supaya bisa awet, tidak mengkristal.

Apabila belum dibuka, es krim yang disimpan dengan tepat dalam freezer dapat bertahan 2-3 bulan. Sementara, jika sudah dibuka maka es krim awet 1-2 bulan dalam freezer, seperti dilansir dari eatbydate.com.

Mengutip The Kitchn, berikut 6 tips menyimpan es krim homemade dalam freezer.

1. Cek temperatur freezer

Sebelum menyimpan es krim buatanmu, cek dulu suhu freezer. Pastikan berada pada -18 derajat celsius atau bahkan di bawahnya.

2. Pakai wadah kedap udara

Masukkan dulu es krim ke dalam wadah kedap udara, bisa pakai wadah yang terbuat dari plastik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebaiknya pakai wadah yang aman untuk freezer dan kokoh, sehingga memudahkan menata isi freezer.

Ilustrasi es krim dalam freezer. SHUTTERSTOCK/PJJARUWAN Ilustrasi es krim dalam freezer.

3. Pakai wadah yang tepat

Sebaiknya pakai wadah dengan alas datar dan tak terlalu dalam, pakai yang pendek. Wadah ini berguna untuk mempertahankan konsistensi es krim. Nantinya juga lebih mudah di-scoop.

4. Tutupi es krim menggunakan plastic wrap

Bagian atas es krim lapisi dengan plastic wrap. Seluruh lapisannya harus tertutup. Boleh pakai lebih dari satu lapis plastic wrap. Langkah ini bertujuan untuk menghindarkan terbentuknya kristal es.

5. Simpan pada bagian belakang freezer

Kalau es krim terpapar suhu hangat dan dingin secara bertahap, teksturnya berubah jadi agak kasar. Sehingga, simpan es krim pada bagian belakang freezer yang suhunya konsisten dingin.

6. Hindari taruh es krim di pintu freezer

Berkali-kali buka-tutup freezer, memang terlihat mudah meletakkan es krim di bagian pintu. Namun, pintu freezer adalah spot yang suhu dinginnya tidak konsisten. Paling sering terpapar suhu luar freezer.

Walaupun disimpan dalam freezer, kualitas es krim tetap menurun. Tanda es krim rusak terlihat dengan munculnya kristal pada lapisan atas dan tutup es krim.

Lapisan kristal tersebut bisa saja dibersihkan, tetapi lama kelamaan teksturnya berubah jadi lengket dan itulah tanda es krim sebaiknya tidak dimakan.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X