Pengalaman Makan Ikan Kakap Panggang Bungkus Garam di Karma Beach Bali

Kompas.com - 15/06/2020, 14:15 WIB
Ilustrasi ikan panggang garam ShutterstockIlustrasi ikan panggang garam


BALI, KOMPAS.com - Memakan ikan kakap di tepi pantai dengan segarnya angin sepoi-sepoi dan aroma laut yang asin jadi kenikmatan yang luar biasa.

Apalagi jika ikannya dimasak dengan cara unik seperti yang dilakukan di Karma Beach, Karma Kandara, Uluwatu, Bali.

Baca juga: Cara Simpan Ikan dan Seafood Mentah yang Benar di Kulkas

Dalam sesi makan malam, salah satu sajian yang menarik perhatian adalah sebongkah tumpukan garam besar yang dibawa dalam nampan panjang.

Tak itu saja, payu kecil dari kayu juga dibawa oleh sang pramusaji bersamaan dengan nampan berisi tumpukan garam tersebut.

Ternyata, itu bukan hanya tumpukan garam tapi merupakan ikan kakap yang dipanggang dalam tumpukan garam.

Whole fish baked in salt crust, jadi nama sajian tersebut. Cara penyajiannya unik. Pramusaji meletakkan nampan di atas meja, lalu ia mengetukkan palu kayu tersebut ke atas tumpukan garam.

Tak terlalu keras, dan pelan-pelan tumpukan tersebut terpecah dan memperlihatkan seekor ikan besar yang dibungkus dengan daun pisang. Ikan kakap merah tersebut terlihat masih mengepulkan asap panas.

Salt-Baked Fish di Karma Beach Club, Karma Kandara ResortSYIFA NURI KHAIRUNNISA Salt-Baked Fish di Karma Beach Club, Karma Kandara Resort

Teknik memasak dengan menggunakan garam telah lama dikenal. Gunanya, adalah untuk mempertahankan kelembaban daging ikan, membuatnya lembut dan berminyak. Selain itu, untuk menambah rasa juga.

“Tidak akan membuat ikan jadi terlalu asin. Garam ini untuk mempertahankan kelembaban saja, menjaga ikan tetap lembut dalam proses pemasakan,” ujar Joseph Antonishek, Executive Chef dari Restoran di Mare, Karma Kandara.

Benar saja, ketika lapisan garam sudah selesai dipecahkan, ikan di dalamnya terlihat begitu lembut dan berminyak. Ketika Kompas.com mencicipinya, daging ikan terasa gurih dan manis di saat yang bersamaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X