Resep Roti Tawar Tanpa Oven, Cukup Pakai Panci

Kompas.com - 08/06/2020, 13:09 WIB
Ilustrasi roti tawar homemade alias buatan sendiri. Dibuat tanpa oven, pakai panci saja. PIXABAY/D90JOEIlustrasi roti tawar homemade alias buatan sendiri. Dibuat tanpa oven, pakai panci saja.

KOMPAS.com - Roti tawar bisa menjadi pilihan menu sarapan. Diolesi selai buah maupun dipanggang di atas wajan teflon (toast) kemudian dimakan dengan telur mata sapi.

Baca juga: Resep Pizza Teflon Simple, Bisa Dibikin Bareng Anak

Biasanya untuk membuat roti dibutuhkan oven. Namun, bagaimana bila tak mempunyai oven?

Tak perlu khawatir, Food Network membagikan resep roti tawar tanpa oven. Cukup pakai Dutch oven, sebutan untuk panci besi tebal dengan kedalaman 9 inchi atau sekitar 22-23 sentimeter.

Resep roti tawar

Bahan

  • 2 sdm mentega tawar
  • 1 1/2 sdt ragi kering
  • 1 1/2 sdt gula
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 2/3 cup tepung serbaguna

Baca juga: Jangan Salah Pakai, Kenali Bedanya Tepung Terigu Serbaguna, Protein Rendah, dan Protein Tinggi

Ilustrasi adonan roti yang mengembang setelah didiamkan sekitar 1 jam. PIXABAY/ZWODRA Ilustrasi adonan roti yang mengembang setelah didiamkan sekitar 1 jam.

Cara membuat roti tawar

1. Olesi panci dengan mentega. Sisihkan.

2. Dalam wadah mixer, masukkan mentega, ragi kering, gula, garam, dan 1 cup air hangat.

Hidupkan mixer kecepatan rendah, tambahkan tepung per 1/2 cup. Sebelum menambah tepung, pastikan adonan sebelumnya sudah tercampur rata.

Bila tepung sudah masuk semua, naikkan kecepatan mixer menjadi medium. Aduk selama 8 menit. Pastikan adonan kalis.

3. Letakkan adonan roti ke dalam panci yang sudah diolesi mentega tadi. Tutup panci dan biarkan adonan mengembang 2 kali lipat ukuran semula. Proses ini berjalan sekitar 1 jam.

Ilustrasi roti tawar buatan sendiri yang dinikmati dengan olesan mentega. PIXABAY/CONGERDESIGN Ilustrasi roti tawar buatan sendiri yang dinikmati dengan olesan mentega.

4. Taruh panci ke atas kompor, hidupkan api medium-low dan masak selama kira-kira 20-25 menit, sampai temperatur roti menjadi 93 derajat celsius.

5. Bila sudah, matikan kompor. Biarkan roti tetap berada dalam panci, dinginkan selama 5 menit. Kemudian, pindahkan ke atas rak pendingin kue.

Roti tawar siap untuk dipotong dan diberi selai kesukaan. Bisa juga hanya diberi mentega dan disantap bersama susu.

Kamu dapat menyimpan roti tawar dalam plastik yang tertutup rapat dan diletakkan di dapur bukan kulkas.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X