Apakah Benar Cangkang Kepiting Tidak Bisa Dimakan?

Kompas.com - 06/06/2020, 11:14 WIB
Ilustrasi Kepiting Soka Endramawan / shutterstockIlustrasi Kepiting Soka

 

JAKARTA,KOMPAS.com  - Saat kamu menyantap kepiting pernahkah terlintas dipikiranmu jika cangkang kepiting bisa dimakan? Apakah benar cangkang kepiting tidak bisa dimakan?

Head chef Billy Ho salah satu restoran Canggu, Bali, Benny Kesatria, mengungkapkan ada  beberapa jenis kepiting yang cangkangnya bisa dimakan, salah satunya adalah kepiting soka.

Kepiting soka bisa, lalu ada juga kepiting di Korea kepiting mini, lalu juga ada kepiting jenis mutiara,” papar Benny Kesatria, kepada Kompas.com, Jumat (5/6/2020).

Baca juga: Tips Memilih Kepiting yang Segar, Lihat Mata dan Kakinya

Benny menjelaskan kepiting soka sebenarnya adalah kepiting biasa yang baru saja ganti cangkang sehingga tekstur cangkang masih lunak.

Pengolahan kepiting soka terbilang mudah. Kepiting soka bisa dibersikan terlebih dahulu lalu diambil bagian insangnya dan bisa langsung dimasak.

Benny menekankan yang mesti diperhatikan adalah mengambil bagian insang dari kepiting soka. Sebab bagian insang yang berserabut itu pahit dan tidak enak dimakan.

“Ambil insangnya lalu bersihkan saja dengan air mengalir, setelah itu direndam dengan air es,” ujar Benny.

Proses perendaman dengan air es berguna agar tidak ada perubahan warna saat kepiting diolah.

Baca juga: Resep Tom Yum Seafood, Buat Kamu yang Kangen Kuliner Thailand

Cara membuat Kepiting Soka Goreng Tepung

Resep Kepiting Soka Goreng Tepung dari Benny terdiri dari adonan basah dan kering. 

Adonan basah terdiri dari putih telur dan air soda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X