Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Jajan Pasar untuk Takjil, dari Kukus hingga Goreng

KOMPAS.com - Ada banyak jenis jajanan pasar yang bisa kamu temui di pinggir jalan atau pusat takjil selama bulan Ramadhan.

Kompas.com rangkum sedikitnya ada 15 jajan pasar yang bisa kamu coba buat di rumah untuk meriahkan acara buka puasa.

Beberapa jajan tradisional ini memiliki cita rasa yang gurih hingga manis yang cocok untuk teman minum teh hangat.

1. Resep pisang molen

Pisang mobil dibuat dengan isian pisang yang manis. Kamu bisa coba mengikuti resep pisang molen dengan resep yang satu ini.

Terdapat cara bikin kulit pisang mobil yang renyah tahan lama.

2. Resep ongol-ongol tepung tapioka

Ongol-ongol merupakan jajanan pasar yang punya cita rasa manis. Kamu bisa menggunakan tepung tapioka, gula, dan daun pandan untuk membuat adonan ongol-ongol kenyal.

3. Resep kue bandros

Kue bandros adalah makanan khas Sunda yang mirip dengan kue rangi.

Bahan yang diperlukan untuk membuat adonannya adalah tepung beras, kelapa setengah tua, dan santan. Perlu cetakan khusus untuk memanggang adonannya.

4. Resep lupis ketan hitam

Lupis terbuat dari beras ketan hitam yang biasa banyak dijual di pasar tradisional Yogyakarta. Kamu bisa mengikuti resep lupis untuk 1 porsi besar.

5. Resep getas empuk

Getas adalah jajanan tradisional yang terbuat dari tepung ketan kemudian digoreng dan dilapisi gula bubuk.

Jajan pasar yang digoreng ini cocok untuk menu camilan sembari menunggu waktu tarawih tiba.


 

6. Resep kue cantik manis

Kue tradisional yang satu ini menggunakan loyang bulat untuk mencetaknya. Bahan untuk membuat kue cantik manis, diantaranya, santan, tepung maizena, cantik manis, dan gula.

7. Resep pastel goreng

Pastel biasa dijual di pedagang jajan pasar. Ada cara membuat kulit pastel goreng yang renyah tahan lama. Kamu bisa menggunakan tiga bahan seperti tepung terigu protein sedang, margarin, dan air hangat kuku.

8. Resep kue wajik merah

Kue wajik menjadi salah satu olahan beras ketan yang bisa kamu buat dengan mudah. Gunakan panci presto untuk memasak beras agar lebih empuk.

9. Resep kue talam hijau

Kue talam yang biasa dijumpai adalah yang berwarna hijau cerah. Dengan menggunakan bahan seperti tepung beras, tepung sagu, santan encer, santan kental, dan gula jawa, kamu bisa membuat kue talam kenyal.

10. Resep gatot dari singkong

Gatot adalah jajan tradisional khas Gunung Kidul yang terbuat dari gaplek. Gaplek sendiri merupakan singkong kering yang digunakan untuk membuat tiwul.


 

11. Resep kue cucur gula merah

Salah satu jajan pasar yang bisa dinikmati kapan saja adalah kue cucur gula merah. Kamu bisa membuat kue cucu rbersarang dengan pinggirannya yang renyah dan manis dengan mengikuti resep berikut ini.

12. Resep sate cenil warna-warni

Sate cenil warna-warni biasa dijual di pedagang jajanan kaki lima dengan tusuk sate. Dibuat dengan penggunaan pewarna yang cerah membuat hidangan ini semakin menarik.

13. Resep kue gabin tape

Kue gabin tape bisa dibuat, jika punya biskuit gabin dalam jumlah banyak. Sebagai isiannya, kamu bisa menggunakan tape singkong yang diolah dengan gula, susu kental manis, dan terigu.

14. Resep kue lumpur labu kuning

Takjil tak melulu harus gorengan atau kolak. Kamu pun bisa membuat jajanan pasar sederhana untuk teman minum es saat buka puasa.

Salah satu jajanan pasar yang bisa dibuat ialah kue lumpur labu kuning. Kreasi olahan labu kuning atau waluh ini cukup mudah cara membuatnya.

15. Resep getuk lindri pandan

Getuk merupakan jajanan jadul yang masih lestari hingga hari ini. Bahan utama getuk adalah singkong parut kemudian diolah dengan vanili dan margarin.

https://www.kompas.com/food/read/2023/03/25/111100375/15-jajan-pasar-untuk-takjil-dari-kukus-hingga-goreng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke