Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Manfaat Buah Durian Mulai dari Akar Pohon Sampai Bijinya

KOMPAS.com - Buah durian terkenal memiliki aroma kuat yang menyengat, namun rasa buah durian manis dengan tekstur lembut.

Selain dimakan langsung, buah durian juga dapat dijadikan banyak hidangan penutup seperti pancake durian, es teler, dan ketan durian.

Buah durian mengandung banyak fiber, vitamin B, C, dan antioksidan, kemudian juga terdapat manfaat baik bagi kesehatan yaitu mengurangi risiko kanker, mencegah penyakit jantung, dan menurunkan gula darah.

Buah durian mulai dari pohon, kulit hingga bijinya juga memiliki manfaat, salah satunya sebagai obat untuk mengatasi ruam pada kulit.

Simak manfaat buah durian mulai dari pohon sampai bijinya, dikutip dari buku "Mengupas Manfaat Durian" (2009) karya Cepy Suherman terbitan Talenta Pustaka Indonesia.

1. Daging buah durian

Kandungan gizi durian sangat baik untuk memperbaiki tekstur kulit, mengatasi sel kulit mati, merangsang sistem regenerasi kulit.

Selain itu daging buah durian dapat mengatasi bengkak, penyakit kulit, dan kuning.

2. Biji durian

Biji durian mengandung pati yang tinggi, bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat.

Namun, harus dimasak terlebih dahulu sebab mengandung asam lemak siklopropena yang bersifat racun bagi tubuh, untuk itu biji durian bisa direbus atau dibakar.

3. Kulit durian

Kulit durian dapat digunakan menjadi obat untuk mengatasi ruam pada kulit (sakit kurap), obat pengusir nyamuk, dan obat sembelit.

4. Daun durian

Daun durian di Malaysia dijadikan sebagai obat penurun demam, dengan cara daun dihancurkan atau dibuat jus kemudian ditempelkan di dahi atau diminum.

Selain itu, kuncup daun, mahkota bunga, dan buah yang muda pada buah durian, dapat dimasak menjadi sayuran.

5. Kayu pohon durian

Kayu pohon durian berwarna putih kemerah-merahan sifatnya ringan, memiliki manfaat sebagai bahan bangunan atau perkakas rumah tangga. 

6. Akar buah durian

Pohon buah durian biasanya ditanam pada lahan-lahan miring, gunanya sebagai pencegah erosi karena memiliki akar yang kuat.

Bahkan akar buah durian juga bisa menjadi obat demam.

https://www.kompas.com/food/read/2023/01/11/070300975/6-manfaat-buah-durian-mulai-dari-akar-pohon-sampai-bijinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke