Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Nasi Liwet Khas Jawa Barat, Lengkap dengan Sambal Terasi Bakar

KOMPAS.com - Nasi liwet adalah makanan khas Jawa Barat, yaitu nasi dimasak bersama bahan bumbu rempah yang menghasilkan aroma nikmat.

Nasi liwet biasanya dihidangkan bersama lauk pauk terdiri dari cumi asin, ayam goreng, tumis oncom, lalapan, dan sambal terasi.

Kamu bisa membuat sambal terasi bakar untuk pendamping nasi liwet dengan rasa pedas, gurih, serta manis yang menggugah selera makan.

Simak resep nasi liwet lengkap dengan sambal terasi bakar, dikutip dari buku "30 Menu Nasi Berbumbu Sedap" (2018) karya Tim Dapur Nulekker terbitan Bhuana Ilmu Populer.

  • Resep Nasi Liwet Rice Cooker Istimewa, Bekal Piknik Tidak Mudah Basi
  • Resep Nasi Liwet Sederhana, Bisa Pakai Magic Com

Cara membuat nasi liwet dan sambal terasi bakar:

1. Siapkan kastrol (alat menanak nasi). Masukkan beras, air, dan garam, aduk rata. Lalu, masukkan serai, daun salam, cabai merah, dan bawang merah. 

Masak di atas api kecil sampai air menyusut, aduk rata, masak kembali. Tutup kastrol. Masak sampai nasi cukup matang. Masukkan minyak, aduk rata. Sisihkan.

2. Siapkan piring, alasi dengan daun pisang. Lalu, masukkan nasi dan ikan asin peda.

3. Sambal: masukkan semua bahan ke dalam cobek, ulek sampai agak halus. Sajikan sambal ke dalam piring kecil.

4. Sajikan sambal sebagai pelengkap.

Buku "30 Menu Nasi Berbumbu Sedap" (2018) karya Tim Dapur Nulekker terbitan Bhuana Ilmu Populer bisa dibeli di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/food/read/2023/01/10/200500875/resep-nasi-liwet-khas-jawa-barat-lengkap-dengan-sambal-terasi-bakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke