Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Pengguna Corkcicle, Beli Tumbler Mahal karena Viral di Media Sosial

KOMPAS.com - Botol minum Corkcicle sempat menjadi perbincangan ramai di media sosial pada akhir tahun 2022.

Bermula dari unggahan video di TikTok, berlanjut di Twitter, hingga Instagram, Corkcicle menjadi viral.

Isi video tersebut kebanyakan berupa unboxing, pembicaraan soal harga, keunggulan, hingga ulasan pemakaian.

Konten viral Corkcicle tidak berhenti di media sosial. Beberapa orang juga ikut membeli botol minum dari merek yang sama untuk mencobanya.

Kompas.com menghubungi empat pengguna botol minum Corkcicle dari berbagai daerah di Indonesia.

  • 5 Cara Pilih Botol Minum yang Tepat, Simak Sebelum Beli yang Mahal
  • Sejarah Botol Minum Tahan Panas, Dirancang Sejak 1892

Hanum (28) di Malang, pertama kali membeli botol minum Corkcicle pada satu bulan lalu, kira-kira Desember 2022, via jasa penitipan untuk membeli barang.

Alasannya, Hanum melihat selebritas favoritnya menggunakan Corkcicle, diikuti dengan tren viral di Tiktok, dan memutuskan untuk membeli botol minum yang sama.

"Setelah sebulan pakai, lumayan tahan bisa menyimpan es dan air panas sampai 12 jam. Kalau pakai botol minum merek lain, paling dua sampai tiga jam air panasnya itu sudah dingin," ujar Hanum kepada Kompas.com, Kamis (5/1/2023).

Tipe Canteen dari Corkcicle dibelinya seharga Rp 700.000. Menurutnya, harga tersebut sesuai dengan kualitas yang diberikan. Hanum mengaku, ia berkeinginan untuk membeli kembali botol minum dari Corkcicle.

Seorang pebisnis asal Bandung, Annisa Amelia Dwihono (26), juga menggunakan Corkcicle dengan alasan yang tidak jauh berbeda.

Annisa membeli Corkcicle pertama kali pada Oktober-November 2022. Sebelumnya, ia menggunakan botol minum dari merek kenamaan di Tanah Air.

"Lihat review-nya dulu waktu itu. Katanya, bisa tahan panas delapan jam dan dingin lebih dari satu hari. Tahunya memang benar," ujar Annisa saat dihubungi pada hari yang sama.

Lucunya motif botol minum dari merek ini, semakin menambah keinginan Annisa untuk membeli Corkcicle.

Ia membeli Corkcicle motif Mickey Mouse seharga Rp 800.000 di akun e-commerce resmi milik Corkcicle.

Selain mampu menahan air dingin yang sering dibawa Annisa, ia mengatakan, perawatan botol minum asal Amerika Serikat ini juga terbilang simpel.

"Gak usah pakai sabun, cuma pakai air panas, direndam dan dikocok bentar. Bagian luarnya cukup pakai tisu basah atau pakai air mengalir, itu sudah bersih banget," jelas Annisa.

Namun, menurutnya, kemasan botol Corkcicle terbilang sederhana untuk harga produk yang relatif mahal.

Annisa mengatakan, akan lebih baik bila boks Corkcicle ditambah dengan kemasan lainnya yang lebih menarik.

"Untuk harga segitu kan lihatnya biasa saja ya karena Rp 600.000-800.000 itu gak sedikit kalau buat botol minum saja. Kalau kualitasnya memang beda, tetapi ayaknya kurang menarik kalau dilihat dari boksnya saja sebelum dibuka," saran Annisa.

Dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ada Herlina Sari (40) yang membeli satu set peralatan minum Corkcicle seharga hampir Rp 2,5 juta.

Herlina membeli Corkcicle melalui jasa penitipan beli barang di Amerika Serikat. Sebelumnya, sang anak juga sempat meminta botol minum merek ini.

Ramainya tren Corkcicle di sosial media juga memperkuat Herlina membelinya pada satu bulan lalu.

"Dengar juga, katanya, ketahannya buat air panas dan air dingin bagus. Es batu bisa tahan sampai 24 jam. Ternyata memang beneran, tetapi hanya untuk tipe Canteen yang menurut saya paling bagus," kata dia.

Sejauh ini, Herlina mengaku bahwa Corkcicle paling baik dibandingkan dengan botol minum merek lainnya.

Ia sering kali membawa botol minum ini ke kamar hingga kafe untuk membeli minuman panas dan dingin.

Mengakui kualitasnya, Herlina juga kini berjualan Corkcicle via online dari Kalimantan Selatan. Barangnya ia dapatkan langsung melalui temannya di Amerika Serikat.

Herlina tidak menampik keinginannya untuk membeli kembali produk Corkcicle lain yang belum dipunya.

"Kalau memang lucu, ada yang lebih tahan panas dan dingin lagi, atau ada terobosan lagi, saya beli lagi lah," kata Herlina, masih di hari yang sama saat saya menghubungi kedua narasumber sebelumnya.

Reshiana, seorang karyawan swasta di Jakarta Barat, juga menggunakan botol minum Corkcicle karena pengaruh konten sosial media.

Ia sudah memakai Corkcicle selama dua bulan belakangan. Menurutnya, desain botolnya simpel, ketahanan air panas dan air dinginnya juga cukup lama.

"Beli di Plaza Senayan dan harganya sekitar Rp 500.000," kata Reshi saat diwawancara pada Jumat (6/1/2023).

Reshiana pernah mencoba menaruh air dingin di Corkcicle tipe Canteen miliknya. Benar saja, ketahanan dinginnya mencapai 25 jam.

Namun, dibandingkan dengan air dingin, dirinya lebih sering menggunakan Corkcicle untuk menyimpan air panas sebagai bawaan ke kantor.

Sejauh ini, Reshiana belum memiliki rencana untuk membeli kembali Corkcicle, baik produk yang sama maupun lainnya.

https://www.kompas.com/food/read/2023/01/09/130700775/cerita-pengguna-corkcicle-beli-tumbler-mahal-karena-viral-di-media-sosial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke