Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membuat Aneka Tumisan agar Bumbu Meresap dan Lebih Harum

KOMPAS.com - Sedang ingin membuat aneka tumisan lezat? Resep tumis memang banyak diikuti terutama oleh para pemula karena cara memasaknya yang cepat dan bumbu sederhana. 

Salah satu resep tumis yang biasa dihidangkan atau dijual di rumah makan adalah tumis kangkung dan tumis sawi.

Ada tips membuat aneka tumisan lezat dengan bumbu meresap dan bahan matang sempurna dilansir dari buku "Seri Kuliner Nusantara: Tumisan" (2016) oleh Tabularasa Penerbit Erlangga.

  • Resep Ayam Kung Pao Ala Restoran Chinese Food, Tumisan Sederhana
  • Resep Sapi Lada Hitam, Tumisan Praktis untuk Bekal Kantor
  • Resep Tumis Terong Ungu Pedas Manis, Ide Tumisan Cuma 2 Langkah 

1. Siapkan semua bahan 

Proses masak dengan teknis menumis ini harus dilakukan dengan tepat dan cepat. Oleh karena itu, siapkan semua bahan seperti dengan cara mencuci bahan dan meletakkannya di dekat wajan atau kompor agar lebih cepat dan mudah dijangkau. 

Hal tersebut karena proses tumis membutuhkan waktu masak yang cukup cepat. 

2. Panaskan wajan 

Cara membuat tumisan agar bumbu meresap yang selanjutnya adalah panaskan wajan sebelum digunakan. Panaskan sekitar dua sampai tiga menit. 

Cara ini bisa membuat masakan lebih harum dan tumisan jadi lebih merata. Gunakan wajan yang ukurannya lebih besar dan tidak terlalu tebal agar bumbu lebih mudah tercampur. 

3. Tumis sayuran 

Salah satu bahan yang biasa diolah menjadi aneka tumisan adalah sayuran. Seperti kangkung atau genjer. Jika ingin menumisnya, ada baiknya untuk menumis bahan terlebih dahulu setelah itu masukkan bahan masakan. 

Tumis dengan api besar dan waktu yang seingkat. Dilain bahan, jika ingin menumis daun singkong, pare, atau terong telunjuk, ada baiknya untuk diolah dulu sebelum dimasukan bumbu. 

4. Siapkan bahan goreng, rebus, atau rendam 

Ada pun untuk kamu yang inginmembuat tumisan, tahu, tempe, atau teri. Ada baiknya untuk diolah dulu seperti digoreng, direbus, atau direndam dengan aneka bumu agar hasilnya lebih lezat. 

5. Cara masak tumisan daging 

Cara membuat tumisan dari bahan hewani yang bisa kamu ikuti adlaah dengan menggunakan api besar dalam waktu dekat, seperti yang dilansir dari Majalah "SajianKu VOL. 2/I/2013 Serba-Serbi Teknik Menumis Menyiapkan Sajian Akhir Pekan" Penerbit Mediantara Infopersada. 

Dengan menggunakan suhu tinggi, cita rasa pada sari daging sapi tidak akan hilang sehingga masakan lebih lezat. 

Buku "Seri Kuliner Nusantara: Tumisan" (2016) oleh Tabularasa Penerbit Erlangga bisa dibeli di Gramedia.com. 

Majalah "SajianKu VOL. 2/I/2013 Serba-Serbi Teknik Menumis Menyiapkan Sajian Akhir Pekan" Penerbit Mediantara Infopersada bisa dibeli di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/food/read/2022/12/05/080700175/5-cara-membuat-aneka-tumisan-agar-bumbu-meresap-dan-lebih-harum-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke