Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Ayam Betutu Goreng Khas Bali, Bumbu Rempah Bikin Nagih

KOMPAS.com - Surawiraaji atau lebih dikenal dengan nama Untung Surapati adalah salah satu pahlawan Indonesia yang memimpin pemberontakan melawan kolonialisme VOC atau perusahaan Hindia Timur Belanda saat masa penjajahan Belanda.

Surapati lahir di Bali pada 1660, perjuangannnya melawan bangsa Belanda bermula sejak usia 20 tahun saat dirinya dijebloskan ke penjara karena menjalin hubungan dengan putri seorang perwira VOC. 

Banyak lika liku yang dilalui Surapati dalam melawan kolonialisme VOC. Mulai dari menghancurkan pasukan Jacob Couper, pasukan VOC, di Desa Rajapalah, hingga tewas saat pertempuran melawan pasukan VOC menyerbu Pasuruan pada 1706.

Perjuangan Untung Surapati kemudian dicatat di dalam Babad Tanah Jawi, sebuah Naskah berbahasa Jawa.

Bali, sebagai daerah kelahiran Untung Surapati tidak hanya sekadar menyimpan banyak sejarah, tetapi juga punya banyak ragam makanan yang patut dicoba.  Salah satunya yaitu Ayam Betutu khas Bali.

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus, coba bikin makanan khas yang berasal dari tanah kelahiran salah satu pahlawan Indonesia.

Resep ayam betutu khas Bali dapat dilihat di buku "Resep Masakan Nusantara Favorit dari Aceh Hingga Papua" (2013) karya Rika Kusumawati dan Winkanda Satria Putra terbitan Penerbit Andi berikut.

  • Kenapa Masak Ayam Betutu Harus Pakai Base Genep?
  • Resep Ayam Betutu Panggang yang Empuk, Sajian Spesial Keluarga

Cara membuat ayam betutu bali:

1. Bersihkan ayam potong menggunakan air mengalir, lalu beri garam dan diamkan sebentar. Setelah itu goreng daging ayam hingga setengah matang. Sisihkan.

2. Tumis bumbu halus di dalam wajan hingga harum, lalu masukkan lengkuas, daun salam, daun jeruk, tomat, dan kecap manis. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

3. Masukkan ayam yang sudah digoreng, lalu masak sembari sesekali diaduk higga tomat dan bumbu meresap. 

4. Koreksi rasa dengan tambahan penyedap, lalu angkat dan sajikan. 

Catatan: Proses masak bisa dibalik dengan rendam bumbu ke ayam mentah, lalu goreng. 

Buku "Resep Masakan Nusantara Favorit dari Aceh Hingga Papua" (2013) karya Rika Kusumawati dan Winkanda Satria Putra terbitan Penerbit Andi bisa dibeli secara online di Gramedia.com. 

https://www.kompas.com/food/read/2022/08/12/150600275/resep-ayam-betutu-goreng-khas-bali-bumbu-rempah-bikin-nagih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke