Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Cara Tata Makanan Berkuah dan Kering agar Instagramable

KOMPAS.com - Ada dua jenis makanan yang kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari, yakni makanan berkuah dan makanan tidak berkuah atau makanan kering. 

Cara tata makanan berkuah berbeda dengan makanan kering, hal ini tergantung pada jenis piring yang digunakan, warna makanan, serta kuantitas makanan di dalam piring.

Pada acara Workshop "Western Cuisine Platting Technique" ICE Expo di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Chef sekaligus Food Consultan Tan Leonadi Ali memberikan dua tips tata makanan berkuah dan kering.

  • Pentingnya Plating Makanan, Bisa Tambah Nilai Jual
  • Alasan Plating Makanan Gagal, Bikin Sajian Terlihat Tidak Menarik

1. Perhatikan bentuk dan konsistensi makanan

Ada beragam jenis makanan berkuah, seperti soto dengan konsistensi kuah yang encer, dan gulai atau opor dengan konsistensi padat.

Chef Tan Ali mengatakan, khusus untuk makanan berkuah, sebaiknya menggunakan piring dengan pinggiran yang tinggi.

"Untuk colour plating, nanti dia lebih fokus ke tengah, karena makanan berkumpul di sana," kata Tan Ali pada Jumat (20/5/2022).

Khusus untuk makanan berkuah, sebaiknya kuantitas kuah yang digunakan seimbang dengan isian makanan supaya kuah tidak menutupi hidangan utama.

"Kuah itu bukan hanya untuk membuat tampilan makanan menjadi cantik saat presentasi. Namun, harus pas saat dinikmati bersama isiannya" katanya. 

Sementara untuk hidangan dengan bentuk padat dan kering, bisa menggunakan piring dengan permukaan datar. 

Sebab makanan kering tidak memerlukan tempat khusus untuk menampung kuah.

Beda cerita pada hidangan padat dan kering yang membutuhkan tambahan saus sambal, kamu perlu memperhatikan konsistensi saus.

"Kalau sausnya tidak terlalu kental, sabaiknya jangan ditaruh di piring, sisihkan di dalam wadah kecil supaya tidak tumpah saat dibawa oleh waiter," katanya.

2. Perhatikan warna makanan

Chef Tan Ali mengatakan tidak ada aturan pasti untuk pemilihan piring hidangan berkuah dan kering.  Hanya saja, menurutnya akan lebih baik bila piring yang digunakan tidak menutupi warna makanan.

"Sebenarnya untuk pemilihan warna itu sesuai selera. Kalau saya, karena lebih suka yang simpel, jadi ga pakai yang banyak corak, sehingga lebih menonjolkan makanannya," katanya.

Ia menyarankan apabila warna makanan nampak membosankan, maka kamu bisa menghidangkannya dengan piring yang lebih bercorak supaya menarik. 

https://www.kompas.com/food/read/2022/05/25/190800375/2-cara-tata-makanan-berkuah-dan-kering-agar-instagramable

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke