Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Membuat Caesar Salad agar Sayuran Tetap Segar dan Tidak Lembek

KOMPAS.com - Ada banyak pilihan makanan untuk orang yang ingin mencoba memulai gaya hidup sehat dengan cara mengonsumsi sayur. Salah satu pilihannya yaitu caesar salad.

Meskipun membuat caesar salad termasuk mudah dan sederhana tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya sayur tetap segar dan crunchy.

Executive Sous Chef Eric Kusnadi memberikan beberapa tips membuat caesar salad saat mendemokan cara membuat salad kepada Kompas.com.

  • 5 Resep Salad Segar dan Lezat dengan Kadar Protein Tinggi
  • Mengenal Kol Ungu, Sayuran yang Biasa Dipakai untuk Salad

1. Aduk telur dan minyak secara perlahan

Kunci utama saat membuat caesar salad ialah pembuatan bumbu atau dressing. Bahan-bahan yang digunakan seperti telur, bawang putih, dan minyak zaitun.

Telur dan minyak ialah dua komponen yang berbeda jenis, sehingga harus diaduk dengan teknik yang benar supaya kedua bahan tersebut tercampur sempurna dan tidak pecah atau terpisah satu sama lain.

Kamu harus mengaduk telur dengan kecepatan yang teratur diiringi dengan menuang minyak zaitun secara perlahan pada bagian pinggir wadah supaya minyak dan telur bisa menyatu.

Apabila minyak zaitun dituang dalam jumlah yang banyak, maka minyak dan telur akan terpisah dan membuat bumbu salad tidak tercampur rata.

Bumbu atau dressing salad mengandung zat asam dari cuka yang dapat membuat sayur berubah menjadi lembek.

Campur sayur dan bumbu salad ketika akan disajikan supaya caesar salad masih terasa segar dan crunchy.

"Romaine lettuce enaknya dimakan dalam kondisi kripsi. Kalau ditinggalkan selama lima menit dalam kondisi sayur dan bumbu sudah tercampur, dia akan layu. Sebisa mungkin disajikan last minute," kata Eric saat mendemokan cara membuat caesar salad pada Jumat (21/1/2022).

Selain sayur, komponen tambahan untuk melengkapi protein caesar salad biasanya menggunakan protein hewani, seperti daging ayam.

Apabila kamu ingin mengganti protein hewani salad menjadi protein nabati, kamu bisa menggunakan berbagai macam bahan, seperti jamur dan produk kedelai.

"Bisa pakai produk kedelai, rasanya seperti daging, dan nilai gizinya banyak mengandung nabati, jadi cocok sebegai pengganti untuk protein hewani," kata Eric.

https://www.kompas.com/food/read/2022/01/24/120700075/3-cara-membuat-caesar-salad-agar-sayuran-tetap-segar-dan-tidak-lembek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke