Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makan di Restoran Fine Dining, Apa Harus Reservasi Dahulu?

KOMPAS.com - Makan di restoran fine dining bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman bersantap dengan suasana mewah.

Sebelum pergi ke sebuah restoran fine dining, sebaiknya ketahui ketersediaan meja di restoran tersebut. Pasalnya, setiap restoran fine dining memiliki kapasitas berbeda.

Executive Chef APREZ Catering dan & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu Santoso mengatakan, memanfaatkan layanan reservasi bisa menjadi salah satu cara untuk memastikan ketersediaan meja di restoran.

Menurut Stefu, reservasi dapat memudahkan tamu untuk mengetahui berkunjung ke restoran tanpa khawatir tidak mendapatkan tempat.

"Tidak ada yang mengharuskan tetapi lebih baik membuat reservasi supaya jangan sampai nanti kita datang, kita tidak dapat space," ujar Stefu saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/11/2021).

Secara khusus, Stefu menyarankan untuk tetap melakukan reservasi jika ingin mendatangi restoran fine dining.

"Kalau di Indonesia sih disarankan sebaiknya untuk membuat reservasi terlebih dahulu karena kan sebuah restoran fine dining itu kalau di Jakarta lebih ke arah bisnis," kata Stefu.

Bisnis yang dimaksud adalah kepentingan para tamu restoran fine dining. Menurut Stefu, kebanyakan tamu restoran fine dining di Indonesia sepanjang Senin-Jumat, berasal dari kalangan pebisnis.

  • Restoran Fine Dining di Ubud Bali Adakan Michelin Star Dinner
  • 7 Cara Membuat Fish and Chips yang Renyah, Seenak Restoran
  • Tamu Makan dalam Sangkar, Inovasi Baru Restoran di Tokyo Saat Pandemi

"Jadi orang menjamu klien. Kebanyakan restoran fine dining dipakai untuk menjamu klien pada saat weekdays tetapi kalau weekend lebih pada keluarga," kata Stefu.

Baik untuk keperluan bisnis atau kebersamaan keluarga, reservasi restoran fine dining dinilai penting.

"Supaya yakin dapat tempat duduk sehingga kalau mau menjamu klien, sudah yakin ada tempatnya," tuturnya.

"Tidak mungkin dong sudah bawa klien tetapi tidak dapat space terus kita nunggu. Menunggunya tidak nentu karena orang-orang yang makan di restoran fine dining ini kan gak mungkin (diusir)," lanjutnya.

Mengutip Fine and Wine, setelah melakukan reservasi, tamu restoran sebaiknya mengabari hal-hal yang menyangkut perubahan perjanjian reservasi. Salah satunya mengenai keterlambatan.

Sebaiknya, tamu restoran fine dining mengabari jika tidak datang tepat waktu agar pihak restoran tidak merugi dan dapat memberi meja kosong pada tamu lainnya.

https://www.kompas.com/food/read/2021/11/30/114100775/makan-di-restoran-fine-dining-apa-harus-reservasi-dahulu-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke