Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Kemas Jajan Tradisional untuk Hantaran, Jadi Lebih Cantik

KOMPAS.com - Selain membawa seserahan, kue atau jajan tradisional juga wajib dibawa untuk hantaran pernikahan. Jenis kue tradisional yang biasa dipakai untuk hantaran yaitu wajik dan jadah. 

Dulu wajik dan jadah hanya dikemas menggunakan nampan lalu ditutup plastik. Namun kini, banyak penjual yang mulai mengkreasikan bentuk kemasannya. 

Anita Mustafa, pemilik usaha Qila Snack turut mengikuti tren tersebut. Anita kini mengemas wajik dan jadah untuk hantaran dengan cara berbeda. 

1. Dikreasikan bentuknya 

Jadah dan wajik yang digunakan untuk hantaran kini bentuknya lebih bervariasi. Anita sendiri biasa membentuknya menjadi bunga mawar atau bentuk hati. 

Untuk membentuknya Anita memakai cetakan atau loyang berbentuk mawar. Sementara, untuk putik bunga cukup dibulatkan memakai tangan. 

"Bentuknya itu pakai cetakan kue dari plastik kalau yang mawarnya. Nanti terus kalau kayak bulat-bulatnya, ya digilik saja biasa," tutur Anita kepada Kompas.com, Jumat (19/11/2021).

"Kayak putik itu, itu kan cuma dibulat saja, digelintir saja gitu," tambahnya. 

  • 10 Resep Jajanan Tradisional dengan Pandan, Ada Kue Putu Ayu
  • Bikin Kreasi Jajan Pasar, Jangan Lupa 3 Hal Penting Ini

2. Menumpuk jadah dan wajik 

Cara sederhana menghias wajik dan jadah hantaran yakni dengan menumpuk keduanya. Misalnya, jadah sebagai dasar lalu wajik untuk hiasan atau sebaliknya. 

"Biasanya itu cuma kebalikannya, jadi kalau wajik itu hiasanya dari jadahnya, kalau jadah itu dari wajiknya," kata Anita. 

Jika ingin lebih cantik, kamu bisa menambahkan pewarna pada kuenya. Tak lupa, tambahkan pula daun pandan untuk pelengkapnya. 

Jadah dan wajik yang sudah dibentuk dan dihias dapat ditempatkan di mika khusus atau kotak hantaran. Namun sebelum, alasi dulu permukaannya dengan daun pisang agar tidak lengket.

"Tergantung mau di kasih ke mika kue yang tinggi itu, atau mau kotak hantaran itu bisa, tapi nanti dialasi daun dulu biasanya," ujar Anita. 

Jika ingin tampilan yang lebih tradisional kamu bisa mengemasnya menggunakan tampah. 

"Atau, kalau mau tradisional bisa pakai tampah, tapi juga dialasi pakai daun pisang," jelasnya.

  • 3 Beda Jajan Pasar Manis dan Gurih, Bukan Cuma Rasa
  • Asal-usul Jajan Pasar Indonesia, Makanan Antargenerasi yang Lestari

Bila memakai tampah, daun pisang yang digunakan untuk alasny biasanya dibentuk terlebih dulu. Hal ini dilakukan untuk mempercantik tampilannya. 

"Kalau daun yang buat tampah gitu daunnya dibentuk dulu," tambah Anita. 

Untuk tutup, kamu bisa memakai plastik bening. Jika suka, dapat pula ditambahkan dengan pita agar lebih cantik. 

"Kalau pakai tampah nanti atasnya di kasih plastik putih saja biasa, terus bawah atasnya di kasih pita. Tapi sebenarnya enggak dikasih pita juga enggak apa-apan, kan di dalamnya sudah ada bunganya juga," pungkas Anita. 

https://www.kompas.com/food/read/2021/11/25/220400975/cara-kemas-jajan-tradisional-untuk-hantaran-jadi-lebih-cantik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke