Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Manfaat Belimbing Wuluh dalam Kesehatan, Bisa Atasi Gondongan

KOMPAS.com - Belimbing wuluh bukan hanya bisa diolah menjadi bahan atau bumbu masakan. Namun juga, diolah menjadi minuman tradisional seperti jamu.

Pasalnya, belimbing wuluh memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh. Mengulik manfaat belimbing wuluh dalam kesehatan lebih jauh, berikut ulasan singkatnya.

Dalam buku “40 Resep Wedang Rimpang & Bumbu Dapur Empon-Empon Penangkal Virus, Penambah Imun” oleh Pusat Studi Biofarmaka Tropika LPPM IPB & Gagas Ulung penerbit PT Gramedia Pustaka Utama menyebutkan belimbing wuluh bisa digunakan untuk obat antihipertensi.

2. Belimbing wuluh bisa mengurangi efek inflamasi

Masih dalam buku yang sama, secara farmakologi rebusan daun belimbing wuluh pada dosis 500 mg/kg bisa memberikan efek antipiretik dan dapat mengurangi efek inflamasi.

Melansir dari buku "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" oleh Murdijati-Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, batang pohon belimbing wuluh mengandung saponin, tannin, glukosida, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksidase.

Selain itu, daunnya juga mengandung tannin, sulfur, asam format, peroksidase, kalsium oksalat, kalium sitrat.

Belimbing wuluh bisa menghilangkan sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, anti radang, peluruh kencing, dan astringent.

4. Belimbing wuluh bisa memperbaiki sistem pencernaan

Selain itu, daun belimbing wuluh secara tradisional bisa mengobati sakit perut, encok, demam gondok.

Bukan hanay daunnya, buah belimbing wuluh bisa untuk gejala darah tinggi, sariawan obat batuk, gusi berdarah, hingga memperbaiki sistem pencernaan.

Ambil 10 ranting muda belimbing wuluh berikut daun dan empat butir bawang merah. Cuci bersih dan tumbuh halus. Balurkan ke bagian tubuh yang sakit.

Buku “40 Resep Wedang Rimpang & Bumbu Dapur Empon-Empon Penangkal Virus, Penambah Imun” oleh Pusat Studi Biofarmaka Tropika LPPM IPB & Gagas Ulung penerbit PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Buku "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" oleh Murdijati-Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/food/read/2021/10/21/211100775/5-manfaat-belimbing-wuluh-dalam-kesehatan-bisa-atasi-gondongan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke