Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Jamu Dapat Tingkatkan Imunitas Tubuh?

KOMPAS.com - Di masa pandemi Covid-19 saat ini, beberapa orang memilih untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Salah satunya adalah jamu.

Jamu seringkali dikaitkan dengan kesehatan seseorang. Maka tidak heran bila popularitas jamu terus meningkat selama pandemi berlangsung.

Namun, apa benar jamu dapat meningkatkan imun tubuh saat pandemi?

Menurut Founder Suwe Ora Jamu, Nova Dewi, imunitas merupakan tingkat kekebalan tubuh yang tidak dapat dilihat dan dipastikan dari luar.

"Jadi, imunitas itu beda sama stamina. Kalau stamina yang kita omongin itu adalah dari luar ya tetapi kalau imunitas itu dari dalam," kata Nova dalam Live Instagram Ngoenyah @my.foodplace, Jumat (8/10/2021).

Nova melanjutkan, setiap orang harus mampu membuat koneksi antara diri dan mindset untuk memastikan apakah imun yang ada di dalam tubuh tetap terjaga atau tidak.

"Saya sudah sehat gak ya? ada gejala apa ya? Rawan sakit gak ya? Atau kayaknya mau flu? Itu semua harus dari awareness. Immunity is a build by awareness," tutur Nova.

Menurut Nova, jika seseorang merasa imunitasnya sedang dalam keadaan tidak terlalu baik, mengonsumsi jamu bisa menjadi pilihan sarana untuk meningkatkan imunitas.

"Jamu itu adalah sebuah bentuk sudah menjadi minuman atau bentuk gaya hidup, boleh makanan atau minuman," kata Nova.

Namun, jamu tidak semata-mata bisa digunakan untuk membentuk dan meningkatkan imunitas secara instan.

Jamu punya banyak fungsi

Nova menuturkan, diperlukan banyak faktor lain untuk meningkatkan imunitas seseorang saat sedang lemah.

"Ketika ditanya lagi, imunitas itu bisa dibentuk gak? Yes of course we can tetapi balik lagi tidak bisa cuma dari minuman atau makanan sehat tetapi dari gaya hidup pun jga harus dijaga, tidur yang cukup," tutur Nova.

Ada banyak fungsi jamu yang disampaikan oleh Nova, seperti jamu untuk relaksasi, jamu untuk mengangkat stamina, jamu untuk healing.

"Pertama, jamu itu fungsinya prevention atau menjaga, mencegah. Kedua adalah mengobati atau healing, kuratif, nah itu tidak bisa secepat kalau kita minum obat, jadi kita bentuknya semuanya natural," jelas Nova.

Fungsi jamu yang selanjutnya adalah rehabilitatif. Nova mengatakan, fungsi ini dapat menjaga tubuh untuk benar-benar pulih dari virus.

"Hubungannya dalam rehabilitatif ini dan prententif karena we dont want to be sick atau healing yang ini tuh udah sulit disembuhkan. mungkin itu yang disebut imunitas dan hubungannya dengan jamu," ujar Nova.

https://www.kompas.com/food/read/2021/10/09/193300275/benarkah-jamu-dapat-tingkatkan-imunitas-tubuh-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke